Jadi Saksi Kasus Bimtek, Tersangka KPK Ini Paling Banyak Dicecar Pertanyaan oleh Hakim

Jadi Saksi Kasus Bimtek, Tersangka KPK Ini Paling Banyak Dicecar Pertanyaan oleh Hakim

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sejumlah anggota dan unsur pimpinan DPRD Kota Jambi, telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi dana bimbingan teknis (bimtek) di DPRD Kota Jambi. Salah satunya yakni Zainal Abidin. Dia adalah mantan Ketua DRPD, yang menjadi tersangka KPK dalam kasus gratifikasi mantan gubernur Jambi Zumi Zola.

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga menghadirkan sejumlah mantan anggota DPRD lainnya, seperti Suwandi, Jefri Perdede, Hizbullah, Sutiono, Dede Firmansyah, Kemas Alfarizi, MA Fauzi, Putra Absor, Suherman, dan Abdus Somad.

Zainal Abidin yang paling banyak dicecar pertanyaan. Dia mengakui jika pada saat itu ikut dalam kegiatan Bimtek yang bermasalah tersebut. Bahkan dirinya mengaku menandatangani kwitansi untuk kontribusi dari penyelenggara. 

"Saya ikut. Di sana juga saya ada tanda tangan untuk kontribusi. Tapi saya tidak tahu kalau penyelanggara palsu," katanya.

Menurut Zainal, dana Bimtek tersebut langsung diserahkan ke masing-masing peserta. "Waktu itu uangnya diserahkan dari bendahara," ungkapnya.

Selaku Ketua DPRD Kota Jambi, Zainal mengaku tidak mengetahui jika kegiatan Bimtek harus terlebih dahulu mengantongi rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) baik terkait lokasi dan perjalanan dinasnya. "Saya lupa ada atau tidaknya rekomendasi," ujarnya.

Sedangkan saksi lainnya, Sutiyono mengaku mengetahui adanya kegiatan Bimtek ketika pergantian Sekwan. "Setahu saya itu pas pergantian (Sekwan) yang di Unisba, saat itu masa Pak Jumisar," katanya.

Seusai pemeriksaan saksi, sidang ditunda dan dilanjutkan pekan depan, dengan agenda pemeriksaan saksi lainnya. (red)

Kontributor: Hendro