Kabut Asap Merebak di Tanjabbar, DLH Sebut Masih Normal?

Kabut Asap Merebak di Tanjabbar, DLH Sebut Masih Normal?
Kondisi di Kualatungkal kabut asap Merebak. (Heri/brito.id)

BRITO.ID, BERITA TUNGKAL - Dalam beberapa hari belakangan ini, Kota Kualatungkal, Kabupaten Tanjab Barat diselimuti kabut asap.

Anehnya, Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Barat menyebut kondisi ini masih aman bagi manusia dan hewan dengan alasan kabut asap masih tipis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjabbar, Suparjo mengatakan, kualitas udara di Tanjab barat masih dalam kategori sedang.

Tingkat kualitas udara berskala 50-100 yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan.

"Kualitas udara di Tanjung Jabung Barat kita lebih diuntungkan dari pada daerah perkotaan seperti Sangeti dan Kota Jambi. Karena secara geografis kita berada di pinggir laut dengan terpaan angin yang lebih kencang," katanya.

Bantak Faktor yang membuat Tanjab barat lebih di untungkan diantaranya makin kurangnya karhutla di tanjab barat dan masih minimnya kendaraan di Wilayah Tanjab Barat hususnya di perkotaan.

"Karena jumlah kendaraan
tentu mempengaruhi kualitas udara juga," katanya.

Yono warga Tungkal mengaku, kabut asap mulai menganggu jarak pandang. Bahkan ia terpaksa menggunakan masker ketika berpergian ke luar rumah.

"Kalau pagi nampak pekat apa lagi menjelang sore hari. Kalau pakek masker supaya tidak terserang ISPA Infeksi Saluran Pernafasan," tukasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto