Lapor Ibu Bupati Kabut Asap Kian Tebal di Kumpeh, Jarak Pandang Berkurang

Lapor Ibu Bupati Kabut Asap Kian Tebal di Kumpeh, Jarak Pandang Berkurang
Kabut asap di Kumpeh pagi hari. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kabut asap kian tebal di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi. Kabut asap yang menyelimuti kecamatan ini muncul sejak dua minggu terakhir, namun kian menebal dalam sepekan terakhir.

"Kian teraso kabutnya bang hari ini apalagi kalau berkendara. Mata terasa perih," kata Ari warga Desa Londrang, Kecamatan Kumpeh Jum'at (6/9/19).

Menurut Ari, kabut asap yang kian menebal tersebut diduga akibat kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Tanjungjabung Timur. Kondisi Muarojambi khususnya kecamatan kumpeh yang berbatasan langsung dengan Tanjab Timur membuat asap kebakaran di sana tertiup angin ke desanya.

"Mungkin karena tempat kita berbatasan dengan kebakaran di Tanjabtim. Bisa jadi asap yang terbawa angin mempertebal kabut ini," katanya.

Dikatakan Ari, akibat kabut asap yang kian tebal jarak pandang jadi berkurang. Tak hanya itu, mata juga menjadi perih bila berkendara roda dua.

"Sekarang jarak pandang sekitar 50 meteran lah," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi, M Zakir ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp menyebutkan bahwa, pihaknya belum mendapatkan laporan di lapangan. Terkait munculnya kabut asap dan berkurangnya jarak pandang di wilayah Kumpeh. "Belum dapat laporan di lapangan," sebutnya.

Sementara, dari pantauan di lapangan, Jumat (6/9/2019) pagi, kabut asap tampak muncul di beberapa wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Mulai dari Kecamatan Jaluko, Sekernan dan di Perkantoran Bupati Muaro Jambi. (RED)

Kontributor : Romi R