Latsar CPNS di Tanjab Barat Digelar dengan Distance Learning, Ini Penjelasannya

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara virtual membuka Pelatihan Dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Senin (05/10).

Latsar CPNS di Tanjab Barat Digelar dengan Distance Learning, Ini Penjelasannya
Safrial Saat Membuka Pelatihan Dasar CPNS (ist)

BRITO.ID BERITA TANJAB BARAT- Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara virtual membuka Pelatihan Dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Senin (05/10).

Kepala BKPSDM Tanjab Barat, Gatot suwarso menjelaskan, pelatihan dasar CPNS Golongan III dan II ini diikuti 145 orang, dengan rincian peserta golongan II sebanyak 26 orang, dan golongan III berjumlah 119 orang.

"Tujuan penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS golongan II dan III ini adalah untuk membentuk karakter dan kompetensi pns yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik dan profesional," ujar Gatot Suwarso kemarin Senin (5/10).

Gatot menambahkan, kurikulum materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta telah disesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh lembaga administrasi negara, dengan 511 jam pelatihan yang dialokasikan untuk pembelajaran klasikal online sebanyak 117 jam pelatihan.

"Pembelajaran non klasikal sebanyak 320 jam pelatihan dan pembimbingan dan aktualisasi sebanyak 14 jam pelatihan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat mengatakan, pelatihan dasar CPNS adalah syarat untuk pengangkatan dari CPNS ke PNS.

“Pelatihan dasar CPNS ini sebagai salah satu jenis pelatihan yang strategis pasca undang-undang ASN dalam rangka pembentukan karakter PNS dengan menggunakan perspektif whole of government atau one government yang didasari nilai-nilai dasar PNS berdasarkan kedudukan dan peran PNS dalam NKRI ada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat," ujar Safrial.

Bupati juga sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala BPSDM provinsi jambi beserta jajarannya yang telah bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS ini.

Bupati juga berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Menurutnya, keikutsertaan peserta dalam setiap materi dan kegiatan akan dijadikan sebagai penilaian baik bagi panitia ataupun widyaiswara.

"Saya berharap panitia dapat melihat dan mengamati juga peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap sesi pembelajaran sebagai penambahan nilai dalam evaluasi penilaian peserta," pungkasnya.

Penulis: Heri Anto

Editor: Rhizki Okfiandi