Menjajal Laptop MSI Modern 14 B11SB, Laptop Tipis dengan Tenaga Gahar

Selain mengeluarkan seri laptop gaming, Micro-Star International (MSI) juga memiliki laptop untuk menunjang bisnis dan produktivitas. Salah satunya Modern 14 B11SB, laptop tipis dengan desain elegan. Meskipun tipis, laptop ini juga memiliki performa yang mumpuni.

Menjajal Laptop MSI Modern 14 B11SB, Laptop Tipis dengan Tenaga Gahar
Laptop MSI Modern 14 B11SB, Modern 14 B11SB, laptop tipis dengan desain elegan.

SELAIN mengeluarkan seri laptop gaming, Micro-Star International (MSI) juga memiliki laptop untuk menunjang bisnis dan produktivitas. Salah satunya Modern 14 B11SB, laptop tipis dengan desain elegan. Meskipun tipis, laptop ini juga memiliki performa yang mumpuni.

Saya kebetulan mendapat kesempatan untuk meng-explore Modern 14 B11SB-218ID. Berikut ulasan laptop tipis buatan MSI yang cocok untuk Anda yang mobile dan menunjang bisnis serta produktivitas:

Tampilan

Untuk tampilannya, cukup membuat takjub. Sebab laptop 14 inci ini berbeda dengan perangkat MSI biasanya yang terkesan gahar. Laptop ini memiliki desain dengan ketebalan hanya 16,9 mm, sementara beratnya hanya 1,3 kg, dan memiliki dimensi 31,9 cm X 21,9 cm.

Bentuknya pun sangat compact dan enak untuk dibawa ke mana-mana. Modern 14 B11SB tersedia dengan warna Bluestone, Beige Mousse, Carbon Gray. Kebetulan saya menjajal Modern 14 B11SB Bluestone yang sangat menarik di mata dengan warna biru yang soft.

Melihat bagian depan, terlihat logo baru MSI tanpa gambar naga yang lebih casual dan elegan. Perangkat ini juga telah melalui proses finishing doff, sehingga tidak meninggalkan jejak sidik jari yang membuat kotor.

Saat dibuka, laptop menampilkan layar dengan resolusi 1920 X 1080 piksel dengan bezel yang sangat tipis dan screen to body ratio 90 persen. Bingkai layarnya pun memiliki jarak hanya 4mm pada bagian kanan dan kiri. Untuk bagian atas hanya berjarak 10 mm yang menampung webcam HD dengan resolusi [email protected] Lalu bezel bawah memiliki jarak 25 mm dengan logo MSI di tengahnya.

Sementara itu kesan pertama melihat layar, sangat terasa enak di mata dan menampilkan visual yang mumpuni. Untuk keyboard, tampilannya pun tidak banyak diubah sehingga sangat memudahkan pengguna. Tampilannya semakin elegan dengan travel distance 1,5 mm dan backlit warna putih. Saat mengetik keyboard pun terasa empuk dan sangat nyaman digunakan.

Tampilannya semakin elegan dengan travel distance 1,5 mm dan backlit warna putih

Untuk touchpad berada di bagian bawah keyboard dan cukup luas. Saat digunakan pun terasa nyaman dan tidak licin. Kemudian pada bagian kiri laptop terdapat DC-IN, 1x HDMI ([email protected]), 1x USB 3.2 Gen1 Type C, dan Micro SD Card Reader. Terdapat pula 1x Audio Jack 3,5 mm dan 2X USB 2.0 pada bagian kanan. Pengguna juga bisa mendapatkan sistem operasi bawaan yakni Windows 10 Home untuk memudahkan operasional.

Pada bagian belakang, terdapat dua speaker yang didukung dengan dukungan audio yang mumpuni. Kemudian ada juga banyak lubang yang berguna untuk aliran udara sehingga laptop tidak terasa panas. Laptop juga telah dilengkapi dengan fan dan heatpipe yang berguna untuk mengalirkan udara panas dari dalam laptop. 

Fitur

Memiliki body yang compact, laptop Modern 14 B11SB juga dapat dibentangkan hingga 180 derajat karena memiliki bentuk form factor clamshell. Selain itu, laptop juga dilengkapi dengan fitur flip-n- share. Fitur ini memudahkan saya untuk berdiskusi dengan orang di sekitar, sehingga tidak perlu membolak balikkan laptop untuk sekadar menunjukkan data, tulisan, atau presentasi. Cukup menekan tombol F12, dengan seketika tampilan monitor akan berputar 180 derajat.

Dilengkapi dengan fitur flip-n- share 

 

Meski terbilang kecil dan ringan, bukan berarti laptop ini ringkih. Materi laptop Modern 14 B11SB telah memenuhi standar militer, di mana materi perangkat sudah lulus uji ketahanan seperti getaran, jatuh, dan suhu ekstrem. Jadi meskipun memiliki body tipis laptop ini memiliki ketahanan yang luar biasa.

Performa

Untuk dapur pacunya laptop Modern 14 B11SB-218ID dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 dan didukung dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX450. Dengan perpaduan CPU dan GPU tersebut, performa laptop dibilang sangat mumpuni.

Laptop ini hanya perlu waktu sekira 13 detik untuk menyala dalam keadaan shut down. Sementara itu untuk penggunaan internet juga sangat kencang dan tidak ada masalah saat membuka banyak tab, termasuk browsing dan streaming musik.

Terlebih perangkat ini memiliki konektivitas Intel WiFi 6 AX201 (2*2ax)+ BT5.1 yang lebih cepat hingga 3x lipat dibandingkan konfigurasi WiFi 5. Kinerja semakin cepat dengan dukungan Dual Turbo mencapai 4,7 GHz.

Selain itu, laptop Modern 14 B11SB juga dibekali kapasitas RAM DDR IV 16 GB (2666 MHz) dan memori internal 512GB NVMe PCle Gen 3x4 SSD. Dengan kapasitas tersebut, tentunya laptop ini dapat mendukung kinerja berat seperti aplikasi desain, editing video, hingga bermain game.

Saya juga menjajal MSI Modern 14 dengan benchmark Resident Evil 6. Ketika dijalankan benchmark menunjukkan skor tinggi meskipun dengan resolusi 1920x1080. Game juga bisa dijalankan dengan sangat baik dan grafis yang mulus dengan rata-rata 70fps sampai lebih.

Selain itu, saat menjalankan aplikasi editing video menggunakan Videopad dari NHC Software hanya membutuhkan waktu sekira 1 menit untuk video sederhana berdurasi sekira 4 menit. Saat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, perangkat juga bekerja dengan sangat baik tanpa hambatan.

Di sisi lain untuk menjalankan MS Word, MS Excel dan aplikasi tugas lainnya, sudah tidak perlu diragukan lagi. Kemudian untuk menonton film, laptop ini juga menampilkan visual grafis yang sangat bagus.

Baterai

Untuk baterainya menyimpan konfigurasi 3 cell 52 Whr yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam untuk menunjang produktivitas. Selain itu, hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mengisi daya hingga 70 persen.

Saat mencoba, dibutuhkan waktu sekira 1 jam 30 menit untuk mengisi daya hingga penuh. Sementara itu, laptop ini juga mampu bertahan dari jam 10.00 WIB hingga 20.00 WIB untuk menonton film, browsing, mendengarkan musik, dan melakukan pekerjaan ringan.

Kesimpulan

Bagi pecinta laptop dengan desain yang simpel namun elegan, pastinya laptop ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang pas. Selain itu, dengan dengan bobot yang ringan, laptop ini juga sangat enak untuk dibawa kemana-mana.

Menariknya lagi laptop ini menyimpan dapur pacu mumpuni yang bisa menunjang aktivitas bekerja dan belajar. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk memboyongnya untuk menunjang bisnis dan produktivitas Anda tanpa mengenal waktu dan tempat.

MSI Modern 14 B11MO dengan harga terjangkau

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, jangan khawatir MSI tetap memberikan pilihan terbaik namun tanpa ‘mengorbankan’ performanya. Iya, laptop MSI Modern 14 B11MO bisa menjadi pilihan Anda.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp10,499,000, Laptop MSI Modern 14 B11MO dilengkapi dengan dapur pacu prosesor hingga Intel Core i7 generasi ke-11. Untuk urusan RAM, Laptop MSI Modern 14 B11MO dilengkapi dengan DDR IV 8GB 3200Mhz, namun Anda bisa meng-upgrade dengan tambahan RAM lainnya karena tersedia dengan dua channel.

Pilihan warna juga sangat menarik, MSI Modern 14 B11MO tersedia dengan warna Carbon Grey, Blue Stone, dan Beige Mousse. Jadi untuk Anda yang menginginkan laptop kekinian dan memiliki mobilitas tinggi, Modern 14 B11SB dan Modern 14 B11MO sangat pas untuk dimiliki.

Khusus untuk Anda yang membeli di bulan September, MSI memiliki paket khusus dengan promosi Back To School. Anda bisa mendapatkan tas elegan dan MSI mouse untuk setiap pembelian Modern 14 B11SB dan Modern 14 B11MO. Jangan sampai ketinggalan, promo ini hanya berlaku sampai 30 September 2021. Jika tidak sempat, Anda bisa juga mengikuti promosi Back To Office yang berlaku selama periode 1 Oktober-15 November 2021 dengan penawaran spesial berupa mouse MSI. Pembelian secara online Anda bisa mengunjungi website https://msi.gm/modern14regionalonline. Untuk merasakan pengalaman berbeda, Anda juga dapat berkunjung di store secara offline di https://msi.gm/modern14regionaloffline.

Specifications:

Main Spec : Modern 14 B11SB-218ID

CPU : Intel Core i7 generasi ke-11

Operating System   : Windows® 10 Home

Memory : DDR IV 16GB (2666MHz)

Storage : 512GB NVMe PCIe Gen3x4 SSD

Display : 14" FHD (1920X1080), IPS-Level, Thin Bezel, close to 100%sRGB

Graphics : GeForce® MX450, GDDR5 2GB

Battery : 3 cell , 52 (Whr)

WLAN : Intel Wi-Fi 6 AX201(2*2 ax) + BT5.1

Webcam : HD type ([email protected])

Dimension (WXDXH) : 319 x 219 x 16.9 mm

Weight : 1,3 Kg

Waranty : 2 years

Price : Rp14,999,000