Miliki BUMDES Menghasilkan PAD, Desa Sungai Pampang Jadi Panutan

Miliki BUMDES Menghasilkan PAD, Desa Sungai Pampang Jadi Panutan
Kepala Desa Sungai Pampang Kecamatan Pengabuan Iskandar. (Heri/brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL - Menjadi salah satu Desa yang sukses mengelola Dana Desa melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kepengurusan BUMDES Sungai Pampang digadang-gadang menjadi percontohan desa lain.

BUMDES ini sudah menambah Pendapat Asli Desa (PAD) bagi Desa, terutama penyewaan Tenda dan PLTD dari program ini juga mulai dinikmati warga.

Kepala Desa Sungai Pampang Kecamatan Pengabuan Iskandar kepada BRITO.ID mengaku, jika BUMDES penyewaan Tenda merupakan satu satunya program Pemdes yang banyak menyumbang PAD. 

"BUMDES penyewaan tenda ini satu-satunya di Tanjab Barat. Selain desa kami, desa tetangga juga sudah sering menyewa tenda kita," katanya, Selasa (17/9).

"Masyarakat juga sudah menikmati listrik berkat PLTD BUMDES yang kita kelola," tambahnya.

Sebagai Pembina kegiatan Dana Desa, Iskandar mengaku telah mencoret honor pembina dengan tujuan agar program BUMDES dapat dinikmati masyarakat secara berkelanjutan.

"Melalui rapat desa, saya sengaja mencoret honor pembina. Dan Alhamdulillah, dari dua program ini PAD kita tiap tahun meningkat," tukasnya. 

Menaggapi hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanjab Barat H Mulyadi mengatakan, sangat mengapresiasi kebijakan kepala desa. Bahkan menurutnya ketegasan kepala desa dapat menjadi contoh bagi desa desa lain di Tanjab Barat untuk lebih maju. 

"Sangat bagus, selagi tidak memberatkan masyarakat, selagi masih dituangkan dalam Perdes dan persetujuan perangkat desa kita sangat mengapresiasi," Tegasnya. 

"Terkait pemotongan honor pembina saya harap bisa menjadi contoh desa lain. Jika kades betul-betul kerja tanpa pamrih untuk desa. Tidak mementingkan diri sendiri," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto