Napi Kabur Pegawai Lapas Kelas III Sarolangun Diperiksa

Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi saat ini tengah memeriksa sejumlah pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sarolangun terkait adanya narapidana (napi) yang kabur beberapa hari lalu.

Napi Kabur Pegawai Lapas Kelas III Sarolangun Diperiksa

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi saat ini tengah memeriksa sejumlah pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sarolangun terkait adanya narapidana (napi) yang kabur beberapa hari lalu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi Bambang Palasara di Jambi, Selasa, mengatakan pemeriksaan dilakukan karena pegawai Lapas Sarolangun dianggap lalai. Akibatnya napi kabur dari Lapas.

  BACA JUGA
Tambahan Lahan 30 Hektare Pengembangan Bandara Depati Purbo Kerinci Sesuai Masterplan

  BACA JUGA
UPDATE LELANG JABATAN: 84 Peserta Lelang Jabatan Paparkan Makalah

 

Namun sayangnya pihak kanwil belum bersedia menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut. "Secara internal kita telah melakukan langkah-langkah berupa pemeriksaan kepada petugas yang diduga lalai. Namun sampai sejauh mana pemeriksaannya saat ini belum bisa disampaikan," kata Bambang seperti dikutip Antara.

Sementara itu, terkait napi bernama Jamal yang kabur, Bambang mengatakan jika yang bersangkutan sedang menjalani asimilasi. Napi itu sudah menjalani 2/3 masa hukuman, serta berkelakuan baik. Maka sejak beberapa waktu lalu napi tersebut diperbolehkan bekerja di luar Lapas dengan pengawasan.

Namun pada hari kejadian, saat jam kerja usai pukul 17.00 WIB, napi tersebut tidak kembali ke Lapas. dan saat ini pihaknya tengah melakukan pencarian bekerja sama dengan Polres Sarolangun.

Bambang juga menyayangkan napi tersebut melarikan diri padahal tidak lama lagi juga akan bebas karena masa hukumannya akan habis. "Dengan adanya kejadian ini yang bersangkutan rugi sendiri dan balik lagi ditahan. Selama dia di luar (asimilasi) tidak dihitung," katanya.