Timsus Bungo Buru Penambang Emas Liar di Hutan Batu Kerbau, Lokasi Jauh dan Ini yang Ditemukan

Tim Sus Pemberantasan Peti Polres Bungo yang dipimpin Kanit Tipidter dan KBO Sat Intelkam terdiri dari Unit Tipidter, Unit Jatanras, Sat intelkam serta dibantu KPHP Kabupaten Bungo merazia penambang ilegal.

Timsus Bungo Buru Penambang Emas Liar di Hutan Batu Kerbau, Lokasi Jauh dan Ini yang Ditemukan
Alat berat yang ditemukan Timsus Bungo di lokasi Hutan Batu Kerbau Bungo Jambi (ist/brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Tim Sus Pemberantasan Peti Polres Bungo yang dipimpin Kanit Tipidter dan KBO Sat Intelkam terdiri dari Unit Tipidter, Unit Jatanras, Sat intelkam serta dibantu KPHP Kabupaten Bungo merazia penambang ilegal.

Lokasi yang diburu tetap berada di Desa Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat. Tim berangkat pada Rabu (10/6) sekira jam 20.30 WIB. Tim Sus bersama KPHP Unit 2 dan 3 menuju lokasi baru tiba di Camp PT Mugitriman International sekitar pukul 03.30 WIB.

Dikarenakan lokasi yang dirazia cukup jauh maka beristirahat. Sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis (11/6) tim melakukan penyelidikan untuk memastikan titik lokasi aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Barulah sekira pukul 10.00 WIB Tim menemukan titik koordinat lokasi aktivitas PETI. 

"Kepala tim beri arahan untuk menentukan CB penertiban dan penindakan, kemudian tim langsung berangkat menuju lokasi," kata Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji melalui Paur Humas Iptu M Nur Sabtu (13/6).

Di dalam perjalanan menuju lokasi tim mengalami kesulitan dikarenakan kondisi jalanan yang berbukit dan rusak. Akhirnya tim memutuskan untuk melanjutkan dengan berjalan kaki. Sekitar pukul 13.30 WIB tim sampai ke lokasi aktivitas PETI yang berada pada titik koordinat 1°49'04.2"S 101°54'58'0 E.

Tim masih mendengar adanya suara alat berat yang masih bekerja. Saat tim mendekati suara alat berat yang diduga melaukan aktivitas PETI. Kala menyeberang sungai, salah satu diduga pelaku mengetahui dan langsung melarikan diri.

"Suara alat berat pun tidak terdengar lagi,  ketika sampai tim menemukan satu unit alat berat jenis eskavator merk Hitachi Zaxis 210 warna orange. Tim melakukan penyelidikan pemilik dari alat-alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan penambangan emas tanpa izin. Kemudian tim mengamankan barang bukti diduga pemilik PETI ke Polres Bungo," terangnya. 

‌"Barang bukti yang diamankan satu unit alat computer eskavator, satu unit kotak hitam diperkirakan GPS, satu unit monitor alat berat, satu unit motor Revo vit warna hitam. Polres juga menyelidiki pemilik alat berat ini," pungkasnya. (Red)