Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Christ Wamea: Kalau sudah Pindah ke Agama Leluhur jangan Hina-hina Islam Lagi!

Kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ramai dikomentari tokoh publik. Salah satunya pegiat media sosial Christ Wamea. Ia menanggapi kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama lewat akun Twitter @PutraWadapi, Jumat (22/10/2021). Dalam cuitannya, Christ Wamea me-retweet kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama meninggalkan Islam.

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Christ Wamea: Kalau sudah Pindah ke Agama Leluhur jangan Hina-hina Islam Lagi!
Sukmawati Soekarnoputri (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ramai dikomentari tokoh publik. Salah satunya pegiat media sosial Christ Wamea.

Ia menanggapi kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama lewat akun Twitter @PutraWadapi, Jumat (22/10/2021).

Dalam cuitannya, Christ Wamea me-retweet kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama meninggalkan Islam.

juga komentar untuk kabar tersebut. Christ Wamea mengingatkan Sukmawati Soekarnoputri untuk menghina Islam setelah memeluk agama lain.

"Klu sdh pindah ke agama leluhur jgn hina2 islam lagi," kicaunya.

Dalam twit tersebut, Christ Wamea mengungkit masalah di masa lalu ketika Sukmawati Soekarnoputri menghina Islam lewat puisi "Ibu Indonesia", yang ia bacakan dalam pagelaran Indonesia Fashion Week, dalam momen 29 tahun Anne Avantie Berkarya, Kamis (29/3/2018). ).

Puisi tersebut menuai polemik karena dianggap mendiskreditkan umat Islam lewat ungkapan tentang konde ibu Indonesia dan cadar serta kidung ibu Indonesia dan alunan azan.

Sukmawati kemudian meminta maaf. menyatakan, puisi tersebut mewakili dirinya sebagai pribadi, dan ia tidak bermaksud menghina umat Islam.

"Saya adalah seorang muslimah yang bersyukur dan bangga atas keislaman saya, putri dari seorang Proklamator Bung Karno yang dikenal juga sebagai tokoh Muhammadiyah dan juga tokoh yang mendapatkan gelar dari Nahdhatul Ulama sebagai Waliyul Amri Ad Dharuri Bi Assyaukah (pemimpin pemerintahan di masa darurat yang kebijakan-kebijakannya mengikat secara de facto dengan kekuasaan penuh)," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua The Soekarno Center Arya Wedakarna mengatakan, sebelum keputusan Sukmawati memeluk agama Hindu, sudah ada pertemuan dengan internal atau keluarganya. Informasi yang didapatnya, Sukmawati telah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga.

Bahkan, Sukmawati Soekarnoputri juga telah mendapatkan izin dari ketiga anaknya, termasuk GPH Paundrakarna, untuk pindah agama dari Islam ke Hindu.

“Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma kesayangan, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” kata dia dikutip dari Solopos.com Sabtu (23/10/2021).

Wedakarna juga mengatakan Sukmawati Soekarnoputri memutuskan pindah keyakinan tepat pada usianya 70 tahun pada 26 Oktober 2021 nanti.

“Beliau memutuskan tepat pada usia beliau yang ke-70 tanggal 26 Oktober besok. Ke agama eyangnya, ibunda Bung Karno Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Beliau memutuskan untuk kembali ke Hindu Dharma,” ungkap Wedakarna, Sabtu (23/10/2021).

Sumber: SuaraJogja.id

Editor: Ari