Tak Ingin Salah Sasaran, Sekda Minta Penerima PKH Harus Tepat

Tak Ingin Salah Sasaran, Sekda Minta Penerima PKH Harus Tepat
Sekda Tanjab Barat Ir H Agus Sanusi (Heri Anto/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA TUNGKAL- Tak ingin kecolongan, dan nilai tak tepat sasaran, Sekda meminta, tim Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tanjung Jabung Barat tak asal tunjuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Sekda Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi menegaskan, pentingnya keseriusan pengelolaan data dalam melakukan verifikasi dan validasi. Serta pendataan keluarga miskin yang belum terakomodir di DTKS.

"Sesuai UU 13 tahun 2011 tentang penanganan pakir miskin, tim DTKS memakai hati melakukan verifikasi dan validasi yang sebenar-benarnya dan bila perlu di sumpah. Sehingga dapat memperoleh data fakir miskin dan keluarga tidak mampu yang Valid, tepat sasaran dan mutahir. Jadi Jangan asal asalan. " Tegasnya kepada awak media Kamis (31/10/19).

Baca Juga: Belasan Tahun Tidak Diperhatikan, Bangunan Madrasah Ini Rusak Parah

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Drs. Sarifudin mengaku jika tim nya akan bekerja maksimal. Bahkan pihaknya sudah membekali tim DTKS seperti mengikuti Bimtek.

"Kami sudah memberikan pembekalan kepada petugas verifikasi dan validasi dengan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk memperoleh data yang akurat dan sesuai kriteria." Katanya.

Masih dijelaskanya, bahwa ada beberapa bantuan program yang disalurkan Dinas Sosial untuk Tahun 2019. Meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019 sebanyak 9.530 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga: Pemkab Tanjab Barat Bakal Rombak Kabinet

"Bantuan sosial beras sejahtera atau yang sekarang bertransformasi menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 16.496 keluarga penerima." tukasnya.

Redaktur: Rhizki Okfiandi

Kontributor: Heri Anto