Vaksin Corona Novavax Diklaim 89,3% Lebih Efektif Cegah Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum juga usai. Peneliti kini sedang bekerja keras untuk menciptakan vaksin yang diharapkan dapat mencegah penularan virus corona.

Vaksin Corona Novavax Diklaim 89,3% Lebih Efektif Cegah Covid-19
Novavax. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum juga usai. Peneliti kini sedang bekerja keras untuk menciptakan vaksin yang diharapkan dapat mencegah penularan virus corona.

Salah satunya adalah vaksin Novavax yang diklaim dapat melawan varian baru Corona hingga 89,3%. Hasil ini disampaikan pada Kamis (28/1/2021), setelah melakukan uji coba di Inggris.

Uji coba di Inggris melibatkan 15.000 orang berusia 18 hingga 84 tahun. Sekitar 27% orang dalam uji coba berusia di atas 65 tahun.

Persetujuan vaksin Novavax sangat disambut di Eropa karena mereka kesulitan dengan pasokan vaksin yang sedikit setelah Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca memberikan dosis lebih sedikit dari yang diharapkan.

Dalam uji coba di Inggris, keefektifan vaksin tersebut mendekati keefektifan dua vaksin resmi dari Pfizer dengan BioNTech dan Moderna, yaitu sekitar 95% efektif untuk mencegah Covid-19 dalam uji klinis.

John Moore, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Weill Cornell Medical College di New York, mengatakan bahwa data Novavax UK sama dengan hasil vaksin dari Pfizer dan Moderna.

"Ini tidak berbeda secara statistik. Vaksin pada dasarnya bekerja dengan baik pada strain dominan yang beredar di Inggris, yang berarti sama efektifnya di Amerika Serikat," jelas Moore, seperti yang dikutip Channel News Asia, Jumat (29/1/2021).

Sumber: Indozone
Editor: Ari