Wacana ASN Bekerja di Rumah, Ini Tanggapan Ombudsman Jambi

Wacana ASN Bekerja di Rumah, Ini Tanggapan Ombudsman Jambi
Ketua Ombudsman Jafar Ahmad. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Adanya Wacana Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin untuk menerapkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah sejauh ini belum menjadi keputusan.

Adanya wacana ini ditanggapi Jafar Ahmad, Ketua Ombudsman Perwakilan Jambi. Dikonfirmasi via WhatsApp Jafar menjelaskan,  memang ada beberapa pekerjaan yang di masa depan tidak membutuhkan space atau ruang dalam bentuk fisik, misalkan kantor atau lokasi. 

Jafar juga mengatakan itu mestinya suatu keniscayaan. Perkembangan Teknologi Informatika akan seperti itu. Banyak contoh di mana pegawai perusahaan multinasional tidak memiliki kantor di Indonesia,  dan mereka bisa bekerja dari rumah. 

Ditanyakan apakah jika memang diterapkan wacana tersebut akan berdampak terhadap pelayanan umum masyarakat.  

"Kedepan, ada juga sebagian layanan yg sudah tidak perlu bertemu langsung. Pelayanan yang menggunan Online Single Submission (OSS) akan mengurangi pengurusan layanan yang membuat orang harus datang dan bertatap muka. Ide itu, saat ini, barangkali belum terbayangkan oleh sebagian orang, namun itu akan menjadi keniscayaan di kemudian hari," pungkasnya. (RED)

Reporter : Dewi Anita