Kabut Asap Mulai Pekat di Merangin, Disdik Bakal Keluarkan SE

Kabut Asap Mulai Pekat di Merangin, Disdik Bakal Keluarkan SE
Kadisdik Merangin M Zubir. (Rhizki/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Kabut asap melanda Provinsi Jambi beberapa minggu terakhir, mulai dirasakan warga Merangin.

Bahkan setiap harinya kabut asap semakin pekat. Sehingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Merangin, bakal mengeluarkan Surat Edaran ke seluruh sekolah yang ada di Merangin.

Hal ini disampaikan Kepala Disdikbud Merangin, M Zubir, ketika dibincangi diruangannya, Jumat (23/8). Zubir mengatakan, hal ini telah dirapatkannya bersama para Kepala Bidang, terkait bencana kabut asap.

“Iya, kami bakal keluarkan Surat Edaran ke seluruh sekolah-sekolah yang ada di Merangin,” ungkap Zubir.

Dikatakannya, Surat Edaran itu nantinya, bakal menghimbau kepada seluruh sekolah, mulai dari tingkat TK hingga SMP, untuk mengurangi aktivitas siswa di luar kelas, dan kepada para siswa dihimbau untuk menggunakan masker.

“Himbauannya kepada seluruh sekolah mulai dari TK sampai SMP, untuk mengurangi aktivitas di luar sekolah, dan para siswa untuk menggunakan masker,” katanya.

Ketika ditanyakan, apakah pihaknya akan meliburkan para siswa, Zubir mengaku belum bisa mengambil tindakan tersebut, dikarenakan belum ada surat resmi tentang Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD).

“Kalau sudah ada surat dari BLHD mengenai ambang batas ISPU apakah sudah membahayakan, maka kita akan meliburkan siswa,” ujarnya.

Untuk itu, Ia berharap kepada seluruh sekolah mulai besok, untuk sama-sama menjaga lingkungannya, dengan cara tidak membakar sampah di sekolah.

“Ya mari sama-sama menjaga lingkungan sekolah, misalnya dengan cara tidak membakar sampah di sekolah,” pungkasnya. (RED)

Kontributor : Rhizki Okfiandi