Zola Sebut Zoerman Manap Orang Pertama Permintaan Uang Ketok Palu

Zola Sebut Zoerman Manap Orang Pertama Permintaan Uang Ketok Palu
Zumi Zola hadir dalam sidang suap ketok palu Kamis (23/1). (Hendro/Brito.id

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Setelah kembali dihadirkan menjadi saksi dalam kasus ketok palu, mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli kembali memberikan kesaksiannya, terhadap 3 terdakwa, yakni Elhelwi, Gusrizal dan Sufardi Nurzain. Zola diperiksa bersama 3 orang lainnya, yakni mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Erwan Malik, Supriyono, dan Joe Fandi Yoesman alias Asiang, Kamis (23/1).

Dihadapan majelis hakim Morailam Purba, Zola yang diperiksa pertama, kembali mengungkapkan bahwa dirinya telah diminta uang untuk pengesahan RPABD, oleh anggota DPRD Provinsinya Jambi sejak dirinya awal dilantik.

"Sejak saya awal jadi dewan sudah ada permintaan uang ketok palu yang mulia. Awal permintaan uang ketok palu itu datang dari pak Zoerman Manap," kata Zola.

"Pada saat itu, Zoerman telepon saya, saya lagi di Jakarta, dia minta uang Rp200 juta peranggota dewan," lanjutnya.

Atas adanya permintaan itu, Zola menyebutkan langsung memerintahkan ajudannya pada saat itu, Apif Firmansyah. "Saya langsung suruh Apif menemui pak Zoerman  Saya tidak tahu proses bagaimana dapat uangnya," katanya.

Sementara untuk pengesahan RAPBD selanjutnya, Zola mengaku kembali ada permintaan uang ketok palu. Namun kali ini ia menyerahkannya kepada orang terdekatnya, yakni Asrul Pandapotan.

"Pada permintaan untuk pengesahan RAPBD Tahun 2018, itu saya memerintahkan Asrul untuk mengurusnya. Saya tidak tahu uangnya dari mana, dan bagaimana pemberiannya ke dewan. Pada saat itu saya cuma mau RAPBD ini disahkan," katanya.

Penulis: Hendro Sandi
Editor: Ari