Anggota BPK RI Dapat Anugerah Gelar Adat Melayu Jambi

Anggota BPK RI Dapat Anugerah Gelar Adat Melayu Jambi
Anggota BPK RI Ahmad Noor Supit dapat gelar Adat.

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Dr Ir Ahmadi Noor Supit mendapat anugerah gelar adat Melayu Jambi dengan sebutan “Datuk” (Sesepuh). Penganugerahan gelar adat Melayu Jambi tersebut dilakuka Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, Drs Mahfus di Balairung Sari LAM Provinsi Jambi, Kota Jambi, Senin (15/1/2024).

Penganugerahan gelar adat Melayu Jambi tersebut turut dihadiri Ketia DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto dengan gelar adat Datuk Paduko Andiko Putro Jayo Siasah Alam, Gubernur Jambi yang juga Ketua Pembina LAM Provinsi Jambi, H Al Haris bergelar Datuk Mangkubumi Setio Alam.

Edi Purwanto pada kesempatan itu mengatakan, melalui penganugerahan gelar adat Melayu Jambi tersebut, Datuk Ahmadi Noor Supit resmi menjadi anggota kehormatan LAM Provinsi Jambi. Pemberian gelar adat itu juga menunjukkan bahwa Ahmadi Noor Supit dianggap berjasa membangun bangsa dengan rekam jejak yang baik.

“Pengangkatan Ahmadi Noor Supit menjadi anggota kehormatan LAM Jambi tentunya melalui proses dan kajian yang matang. Beliau bisa mendapat anugerah kehormatan ini karena memiliki prestasi dan dedikasi yang baik membangun bangsa dan negara melalui jabatannya selama ini. Beliau saat ini menjabat sebagai anggota V BPK RI,”ujarnya.

Menurut Edi Purwanto, pemberian anugerah kehormatan adat Melayu Jambi kepada Ahmadi Noor Supit diharapkan dapat menumbuhkan kearifan masyarakat dan tokoh adat Melayu Provinsi Jambi agar terus terus melestarikan adat Melayu.

“Kita membutuhkan kearifan warga masyarakat dan tokoh adat Melayu terus melestarikan dan mengembangkan adat Melayu. Dengan demikian akan bisa diwujudkan prinsip adat bersendi sarak dan sarak bersendi kitabullah sebagai landasan berperilaku masyarakat Jambi,”katanya.

Sementara itu, Al Haris mengatakan, penganugerahan gelar adat Melayu Jambi, Datuk kepada Ahmadi Noor Supit sudah melalui proses dan pertimbangan matang. Ahmadi Noor Supit dinilai memiliki pengabdian yang baik kepada masyarakat Jambi. Kemudian jasa-jasanya kepada bangsa dan negara juga cukup banyak.

Dikatakan, Ahmadi Noor Supit yang saat ini menjabat anggota V BPK RI pernah menjadi anggota DPR RI selama 27 tahun. LAM Jambi melihat rekam jejak, jasa-jasa dan dedikasi Ahmadi Noor Supit kepada bangsa dan negara ini cukup banyak. Ahmadi Noor Supit memiliki segudang pengalaman membangun bangsa dan negara ini. Jadi sangatlah wajar putra Melayu dari Banjar, Kalimantan tersebut mendapatkan gelar adat.

“Karena itu LAM Jambi menilai beliau pantas diangkat menjadi anggota kehormatan LAM Provinsi Jambi. Kiprahnya membangun bangsa dan negara sesudai dengan tugas yang diembannya luar biasa banyak. Baik di tingkat nasional maupun daerah, khususnya Jambi,”ujarnya.

Sementara itu, Datuk Ahmadi Noor Supit pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan dan rasa hormat kepada masyarakat Jambi, khususnya LAM Provinsi Jambi yang memberikan gelar kehormatan adat kepada dirinya.

“Gelar ini merupakan kehormatan yang amat tinggi bagi saya. Semoga gelar adat ini menjadikan saya semakin bergiat lagi mengabdi kepada negara dan lebih peran aktif membantu pembangunan Jambi. Gelar ini amanah bagi saya untuk mendorong pelestarian adat,”ujarnya. (***).