Besok Jambi Lakukan Vaksinasi Sinovac, Begini Alasan Gubernur Jambi Tidak Ikut Serta...

Presiden Jokowi hari ini telah mengikuti vaksinasi secara serentak di Indonesia. Dengan mengikuti vaksinasi ini artinya akan bergulir di daerah hingga Jambi.

Besok Jambi Lakukan Vaksinasi Sinovac, Begini Alasan Gubernur Jambi Tidak Ikut Serta...
Presiden Jokowi mengikuti vaksinasi. (Screenshot/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Presiden Jokowi hari ini telah mengikuti vaksinasi secara serentak di Indonesia. Dengan mengikuti vaksinasi ini artinya akan bergulir di daerah hingga Jambi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman, mengatakan pada 13 Januari 2021 dicanangkan vaksinasi serentak se Indonesia.

Katanya, Provinsi Jambi pun mengirimkan nama yang akan ikut pencanangan vaksin Covid-19 ke Pusat Data Informasi Kesehatan (Pusdatim).

Ada 22 pejabat dan tokoh masyarakat penerima vaksin sinovac tahap pertama itu. Diantaranya, Kapolda Jambi, Wakapolda, Danrem, Danyon, Sekda, Staf Ahli, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Raden Mattaher, tokoh agama dan lainnya.

"Daftar nama sudah kita terima dan kita kirimkan ke Pusdatim, kita bahkan mengirimkan sekitar 15 orang untuk siap di suntik vaksin Covid-19. Mudah-mudahan, beberapa pejabat bisa dijadikan contoh masyarakat," kata Sudirman didampingi Jubir Satgas Covid-19 Jambi Johansyah, Rabu (13/1).

Hanya saja, Gubernur Jambi, Fachrori Umar tidak masuk dalam daftar karena melewati usia penerima vaksin yakni 18-59 tahun untuk tahap pertama.

"Alasan faktor umur. Untuk tahap pertama di peruntukan usia 18 - 59 tahun. Sedang pak gubernur umurnya 68 tahun," tambah Jubir Johansyah.

Kemudian pada Kamis, 14 Januari 2021 dilakukan vaksinasi di Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi. Sekitar 3.400 vaksin disiapkan untuk Kabupaten Muaro Jambi, sedangkan untuk Kota Jambi sekitar 14 ribu.

Vaksin sendiri diperuntukkan untuk semua kalangan masyarakat dengan dua kali suntik dalam rentan waktu 2 minggu.

"Itu seluruh komponen masyarakat jadi bukan hanya tenaga medis saja," jelasnya.

Provinsi Jambi sendiri mendapatkan 20 ribu vaksin Sinovac yang akan disalurkan ke masyarakat untuk kekebalan tubuh dari wabah Covid-19. (Ari)