Buntut Status Facebook, Camat Sekernan Bakal Didemo Ormas dan LSM?

Buntut Status Facebook, Camat Sekernan Bakal Didemo Ormas dan LSM?
Ormas dan LSM yang akan melakukan aksi demo. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Gabungan Ormas dan LSM di Muarojambi dikabarkan akan melakukan aksi unjuk rasa. Aksi ini dilakukan buntut dari status facebook yang diunggah akun Kemas Ismail Azim, Kamis (5/9/19) malam yang dianggap melecehkan profesi tertentu. 

Dalam status facebook akun yang disebut-sebut milik Camat Sekernan mengilustrasikan kondisi pengemis yang sebenarnya dengan orang yang bukan pengemis. 

Para pengemis itu digambarkannya kumpulan orang-orang gagah, tampil necis dan memakai tempelan lambang, datang ke kantor-kantor meminta-minta. Status lengkap Kemas Ismail Azim yang diunggah tersebut sebagai berikut:

"Orang yg berpakaian Kumal Dekil dgn meminta minta datang kekantor kantor itu Sudah biasa Pengemis Namanya.

Akhir akhir ini Datang nya Orang Orang yg berpakaian Rapi nyecis Pake tempelan lambang dan Gagah Kekantor kantor dgn meminta minta Itu Tanda tanda HARI SUDAH DEKAT DGN KIAMAT.mungkin Lur" 

Status Facebook Camat inipun langsung mendapat respon dari berbagai pihak. Salah satunya dari Ketua Sapma Pemuda Pancasila Muaro Jambi, dr Sudarmono. 

Sudarmono mengunggah foto kegiatan penggalangan dana yang dilaksanakan Sapma PP di depan Kantor Bupati Muaro Jambi pada Kamis (5/9). Sudarmono kemudian menuliskan komentar ketersinggungannya atas status camat itu. 

"Merasa tersinggung pula rasanya, tadi kami ada datang ke Kantor Bupati dan DPRD," tulis Sudarmono dalam kolom komentar.

Sudarmono lantas meminta tanggapan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi M Fadhil dengan menandai Facebook M Fadhil Arief. 

Tidak hanya Sudarmono yang tersinggung. Status camat itu ternyata menyinggung wartawan. Wahid Razak salah satu wartawan yang bertugas di Provinsi Jambi mencoba mengingatkan Camat melalui kolom komentar.  "Jangan kek tu kando!!! dak etis bae kesan nyo...!!!".

Terbaru, buntut dari status tersebut, gabungan LSM dan Ormas di Muarojambi bakal berunjuk rasa. Aksi ini bakal dilakukan Rabu 11 September mendatang.

"Hari ini kita masukan surat pemberitahuan aksinya ke Polres Muarojambi, aksinya 11 Rabu minggu depan," kata Raden Yanto yang nantinya bakal jadi Korlap Aksi, Jum'at (6/9/19).

Yanto menyebut mereka akan meminta Klarifikasi atas status di media sosial Facebook milik Camat sekernan. Mereka juga meminta Bupati untuk menindaklanjuti masalah ini agar tidak berlarut.

"Kita minta ibu Bupati Muarojambi Masnah Busro untuk bertindak tegas kepada oknum Camat ini. Kalau perlu Bupati nonaktifkan saja. Kalau tidak kita akan bawa ini ke ranah hukum," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Romi R