Kumpeh Diselimuti Langit Merah, Ini Penyebabnya...

Kumpeh Diselimuti Langit Merah, Ini Penyebabnya...
Kondisi Kumpeh Muarojambi merah akibat kabut asap. (Romi/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Beberapa waktu belakangan, warga Jambi khususnya Muarojambi dihebohkan dengan kondisi daerah Kecamatan Kumpeh yang diselimuti langit merah. 

Kondisi ini membuat suasana siang hari di desa Mekar Sari Kecamatan Kumpeh layaknya malam hari. Kondisinya gelap, jarak pandang berkurang dan abu beterbangan. 

Terkait kondisi ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muarojambi Firmansyah dikonfirmasi beberkan penyebabnya. Firman menjelaskan kondisi ini terjadi akibat kekeringan yang terjadi saat ini. Ditambah partikel lainnya akibat kebakaran yang terjadi.

"Kondisi saat ini kan kering. Tidak adanya sumber air membuat partikel debu dari sisa pembakaran serta asap, karbon dan partikel lainnya yang terbang menutupi awan," ungkap Firman 

Dijelaskan Kadis LH, partikel yang menutupi awan, membuat cahaya matahari tidak bisa tembus karena terhalang. Terhalangnya sinar matahari ini membuat sinar cahaya matahari tidak maksimal.

"Asap, partikel dan karbon yang menutupi awan ini membuat cahaya matahari tidak bisa tembus. Akibatnya cahaya di sana menjadi oranye. Kondisi inilah yang menjadikan suasana siang seperti malam hari," kata dia.

"Jika tidak ada hujan maka kondisi ini bisa berlangsung lama," timpalnya.

Firman pun mengimbau warga di sana untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Pasalnya, kondisi Indeks Standart Pencemaran Udara per hari ini masuki level awas. 

"ISPU terpantau di angka 229 mg/l kategori awas dan udara tidak sehat. Kurangi aktivitas di luar rumah," sebutnya. (RED)

Kontributor : Romi R