Layanan Cloudflare Down, Ini Dia Daftar Dampaknya

Layanan Cloudflare dilaporkan bermasalah. Dampaknya, semua situs besar di seluruh dunia ikut terganggu. Para pengguna aplikasi dan layanan populer di internet menyampaikan keluh kesah akibat tumbangnya sejumlah media sosial. 

Layanan Cloudflare Down, Ini Dia Daftar Dampaknya
Ilustrasi gangguan layanan internet (Foto: iStock)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Layanan Cloudflare dilaporkan bermasalah. Dampaknya, semua situs besar di seluruh dunia ikut terganggu.

Para pengguna aplikasi dan layanan populer di internet menyampaikan keluh kesah akibat tumbangnya sejumlah media sosial. 

Di Twitter dunia, Cloudflare menjadi trending topic dengan 120 ribu tweet diikuti Discord dengan 917 ribu tweet seperti dipantau, Selasa (21/6/2022).

"Tim Cloudflare mengetahui masalah layanan saat ini dan sedang bekerja untuk memperbaikinya secepat mungkin. Update bisa dipantau di sini," kata Cloudflare dalam pernyataan resmi mereka di Twitter.

Cloudfare mengatakan sudah menemukan masalahnya dimana dan melakukan perbaikan. Sekitar pukul 15.00 WIB mereka mengatakan masalah berhasil ditangani.

Diberitakan TechCrunch, Cloudflare merupakan perusahaan infrastruktur internet. Gangguan terhadapnya otomatis berarti gangguan terhadap web dan aplikasi populer.

Secara global, daftar website dan aplikasi yang terdampak adalah: Discord, game Valorant, FTX, Omegle, DoorDash, Crunchyroll, NordVPN, Feedly, Zerodha, Medium.com, situs berita Register, Groww, Buffer, iSpirt, Upstox, Social Blade, Coinbase, Shopify, dan game League of Legends.

Direktur teknologi CloudFlare, John Graham-Cumming mengatakan banyak tempat terkena dampak dari layanan CloudFlare yang tumbang. Namun, gangguan ini tidak sampai seluruh dunia.

Sementara itu, sebagian layanan yang tumbang adalah terkait dengan jual beli kripto seperti FTX, Bitfinex dan OKX. Akibatnya, kegiatan jual beli kripto sempat terganggu selama 2 jam.

Sumber: detikinet

Editor: Ari