Musim Kemarau Sumur Kering, Warga Gunakan Air Sungai Batanghari untuk MCK

Musim Kemarau Sumur Kering, Warga Gunakan Air Sungai Batanghari untuk MCK
Warga Gunakan sungai Batanghari untuk MCK. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Akibat musim kemarau beberapa bulan terakhir ini sejumlah sumur milik warga Desa Senaung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi kekeringan. 

Dampaknya tidak  sedikit warga setempat memanfaatkan air sungai Batanghari untuk mandi cuci kakus (MCK). Ratusan warga terlihat silih berganti mandi di sungai ini.

"Sumur kering terpaksolah kami sekeluarga mandi dan mencuci di sungai," kata Ruslan warga Senaung, Selasa (6/8).

Saat ini setiap harinya, Ruslan dan anak istrinya selalu memanfatkan Sungai Batanghari untuk MCK. Meskipun kondisi air sungai tidak jernih akibat tak terjaga, terpaksa mereka manfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

"Cuma inilah bang solusinya walaupun airnyo keruh terpakso," keluhnya.

Hal senada dikatakan Yanto, Dia juga terpaksa menggunakan air sungai batanghari untuk keperluan sehari-hari. Memang dia bisa membeli air dari PDAM, namun tentunya ini akan menambah bengkak pengeluaran.

"Bisolah beli air PAM cuma tentu butuh biaya tambahan sementara pendapatan tidak bertambah. Terpaksolah pakai air sungai, gratis ini," cetusnya.

Dia dan warga lainnya berharap pemerintah cepat tanggap akan hal ini. Butuh solusi konkrit agar persoalan kekurangan air ini bisa diatasi. Tentunya dia juga berdo'a semoga musim kemarau ini cepat berlalu.

"Semoga pemerintah cepat tanggap dan memberikan bantuan air bersih ke desa," pungkasnya. (RED)

Kontributor : Romi R