Operasi Lilin 2019, 350 Personel Gabungan Diterjunkan di Tanjab Barat

Operasi Lilin 2019, 350 Personel Gabungan Diterjunkan di Tanjab Barat
Apel Pasukan Yang Digelar di Polres Tanjab Barat (Heri Anto/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA TANJAB BARAT - Guna pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Tanjab Barat dan lintas instansi persiapkan 350 personel gabungan.

Demi terjaminnya keamanan, ketertiban dan kekondusipan pelaksanaan hari Natal 2019 dan tahun baru 2020, Polres Tanjab Barat menggelar apel gelar pasukan operasi lilin, Kamis (19/12).

Pengamanan itu terdiri dari beberapa instansi, baik vertikal dan horizontal. Tim gabungan itu terdiri dari Satuan Polres Tanjab Barat, Kodim 0419/Tanjab, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Kesehatan.

Wakapolres Tanjab Barat, Kompol Wirmanto mengatakan, upacara itu untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan soliditas serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal hari raya Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020.

"Operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin (23/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020)," katanya.

Dikatakannya, secara nasional fokus pengamanan adalah 61.308 objek yang di seluruh Indonesia. Baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun.

"Untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari selasa hari raya natal tahun 2019 dan tahun baru 2020," tambahnya.

Sedangkan fokus terpadu strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan pre-emtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

"Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping organisasi masyarakat, penolakan peribadatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Tanjab Barat, Kompol Iswandi Sahlan menyampaikan jumlah personil yang dilibatkan di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat mencapai 350 orang.

"Tim gabungan di Tanjab Barat sebanyak 350 orang, dari Polres Tanjab Barat ada 68 personil, lainnya Satpol PP, TNI, Dinas Perhubungan, tim kesehatan," katanya.

Tim tersebut akan dipusatkan di dua titik yaitu Desa Suban, Kecamatan Batang Asam dan Dalam Kota Kuala Tungkal. Sementara untuk wilayah rawan, Kabag Ops mengatakan, disekitaran jalan yang sedang dalam perbaikan. Namun dia memastikan dan berdasarkan koordinasi dengan Dinas PUPR, maka tanggal 23 mendatang, lalu lintas dipastikan lancar.

"Walaupun dibanding daerah-daerah lain, kita (Tanjung Jabung Barat red) tidak understimed. Mungkin daerah lain lebih rawan kita all out amankan natal dan tahun baru 2020," katanya.

Himbauan keseluruhan sudah disampaikan oleh pak Kapolda dah disampaikan via medsos. Dan kami memindaklanjuti hal itu. 

Penulis: Heri Anto

Editor: Rhizki Okfiandi