PSU Ratusan Perumahan di Muarojambi Belum Diserahterimakan, Kadis Perkim: Tanyolah Samo yang Lamo

Di Kabupaten Muarojambi terdapat ratusan perumahan yang berdiri. Setidaknya ada 224 perumahan yang tersebar di Kabupaten Muarojambi.

PSU Ratusan Perumahan di Muarojambi Belum Diserahterimakan, Kadis Perkim: Tanyolah Samo yang Lamo
Salah Satu Perumahan yang Ada di Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Di Kabupaten Muarojambi terdapat ratusan perumahan yang berdiri. Setidaknya ada 224 perumahan yang tersebar di Kabupaten Muarojambi. 

Namun sayangnya, dari ratusan perumahan tersebut, belum satupun yang Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) atau lazim disebut fasilitas umum dan sosial belum diserahterimakan dengan Pemerintah setempat. 

Hal ini terungkap saat rapat koordinasi (Rakor) antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsupgah) yang berlangsung secara Daring Rabu (17/2/21) yang lalu.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Bidang Pencegahan, Direktorat Korsup Wilayah I KPK, Maruli Tua, menyebutkan bahwa ada pemda yang telah mengambil alih PSU, atau lazim disebut fasilitas umum dan sosial, dari pengembang perumahan. Selain itu, ada pula Pemda yang baru mengidentifikasinya, serta Pemda yang belum mencatatnya.

Berdasarkan data KPK per 1 Februari 2021, di Kota Jambi tercatat 38 perumahan dan 38 PSU. Di Kabupaten Bungo, 76 perumahan dan belum teridentifikasi PSU. Di Kabupaten Merangin, 10 perumahan dan 10 PSU. Di Kabupaten Muarojambi, 224 perumahan dan belum teridentifikasi PSU.

Lalu, di Kabupaten Sarolangun sebanyak 29 perumahan dan 17 PSU. Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 201 perumahan dan 9 PSU. Di Kabupaten Tebo, 6 perumahan dan 14 PSU. Data ini masih bersifat sementara, dan terus diperbarui secara berkala. KPK-pun mendesak Pemda untuk segera membentuk tim verifikasi yang bertugas mengidentifikasi dan memproses pengambilalihan PSU dari pengembang perumahan.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muarojambi Safrinal dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Safrinal yang baru menjabat selama kurang lebih 2 bulan ini mengaku baru mengetahui hal tersebut.

"Karena Abang baru (menjabat Kadis Perkim Muarojambi), dan baru tau setelah Zoom meeting dengan KPK kemaren," kata Safrinal belum lama ini.

Safrina menyebut akan segera menindaklanjuti arahan KPK tersebut. Pihaknya akan segera membentuk tim untuk mengidentifikasi PSU yang ada di ratusan perumahan di Muarojambi.

"Kan sesuai dengan hasil zoom meeting dan arahan KPK, Kita siapkan Tim dan nanti Kita segera tindaklanjuti. Sebab rencana aksi Kita di 2021. Itu segera Kito tindak lanjuti lah sesuai arahan KPK," kata Safrinal.

Disoal mengapa hingga awal tahun 2021 ini, pihak Perkim tak kunjung melakukan serahterima Fasum dan Fasos dari perumahan ke Pemkab, padahal Pemkab Muarojambi sudah memiliki Perda tentang serahterima PSU tersebut?, Safrinal enggan berkomentar banyak. Menurut beliau, itu merupakan domainnya Kadis yang lama.

"Tanyolah samo yang lamo. Abang dak mau komentar kalo itu. Pokoknyo Abang jalankan tugas Abang sejak dilantik kemaren," kata Safrinal.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi