Ribuan Pelaku Usaha Mikro di Muarojambi Ajukan Bantuan, Segini Besarnya

Ribuan pelaku usaha mikro di Muarojambi mengajukan bantuan kepada Kementerian Koperasi UKM melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Muarojambi.

Ribuan Pelaku Usaha Mikro di Muarojambi Ajukan Bantuan, Segini Besarnya
Pegawai Koperindag Saat Menginput Data Pelaku Usaha Mikro (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Ribuan pelaku usaha mikro di Muarojambi mengajukan bantuan kepada Kementerian Koperasi UKM melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Muarojambi. 

"Sampai hari ini sudah 4.300 pelaku usaha mikro yang mengajukan usulan bantuan ke Kementerian," kata Kepala Dinas Kop,UKM Perindag Muarojambi Nur Subiyantoro melalui Kabid UKM Sudirman Rabu (9/9/20).

Kata Sudirman, hari ini adalah hari terakhir bagi para pelaku usaha mikro untuk memasukan berkas usulan mereka. Data tersebut akan dikirim ke Kementrian oleh Dinas Koperindag Muarojambi. 

"Dinas hanya melakukan pendataan dan pengiriman data usulan kepada kementerian. Tim kami terus melakukan input data dan validasi berkas yang diajukan pelaku usaha mikro ini," kata dia.

Bantuan yang digelontorkan untuk pelaku usaha mikro ini berupa uang tunai sejumlah Rp2.4 juta untuk tiap pelaku usaha mikro. Pelaku harus melengkapi persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

"Persyaratannya KTP beralamat Muarojambi, asetnya kurang dari Rp50 juta dan omset kurang dari 300 juta. Pelaku yang mendapat bantuan Harus memiliki izin usaha mikro, bukan PNS, Polri, TNI, BUMN/BUMD dan tidak sedang diagunkan di Perbankan," papar Sudirman.

Sudirman menyebut, nantinya, data yang diinput oleh Dinas Koperindag kembali akan divalidasi oleh pihak Kementrian. Pihak kementrian lah yang selanjutnya menentukan pelaku usaha mikro yang akan diberikan bantuan tersebut.

"Untuk kuota tidak ada kuota khusus. Keputusan pelaku yang akan menerima bantuan itu tergantung di kementerian karena mereka lah yang menentukan siapa yang akan dibantu," pungkas Sudirman.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi