Tercepat di Jambi, Dana Desa Sudah Nangkring di Rekening 80 Desa Muarojambi

Tercepat di Jambi, Dana Desa Sudah Nangkring di Rekening 80 Desa Muarojambi
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Dari 150 desa di Kabupaten Muarojambi yang mendapat gelontoran dana desa dari pemerintah pusat, 55 persen di antaranya atau sekitar 80 desa sudah mendapat kucuran tahap pertama.

"Sudah disalurkan oleh KPPN ke rekening desa. Ada 80 desa sudah tersalur DD-nya per Senin 10 Februari 2020 yang lalu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muarojambi Raden Najmi Kamis (13/2/2020).

Penyaluran dana desa untuk Muarojambi sendiri berbeda dengan kabupaten lain. Jika kabupaten lain dilakukan dalam tiga tahap, maka khusus kabupaten Muarojambi dua tahap saja lantaran reward atas laporan keuangan yang baik.

"60 persen tahap pertama dari total dana desa yang diterima oleh desa. Ini merupakan penyaluran tercepat di provinsi Jambi," cetus Najmi.

Dengan telah disalurkannya dana desa tersebut, Najmi mengimbau dan menegaskan kepada desa untuk tidak mengulangi kesalahan sebelumnya. Pasalnya, masih ada paradigma dan kesalahan-kesalahan yang kadang dilakukan desa, khususnya para Kades hingga akhirnya harus berurusan dengan hukum.

"Jangan ulangi kesalahan sebelumnya. Seperti Kades pegang duit, itu tidak boleh karena duit itu dipegang oleh Bendahara. Terus melakukan belanja non budgeter atau yang tidak ada dalam perencanaan. Jangan ulangi kesalahan-kesalahan seperti itu karena berpotensi bersinggungan dengan hukum," kata dia.

Untuk diketahui, tahapan penyaluran Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Muarojambi pada tahun ini berbeda dengan kabupaten lain di Provinsi Jambi.

Bila kabupaten lain dilakukan dalam tiga tahapan sesuai PMK No. 05 Tahun 2019, penyaluran DD, sementara khusus untuk Muarojambi hanya dua tahapan penyaluran atau pencairan. 

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi