1 Unit Rumah di Real Estate untuk Zohri Sang Juara Dunia

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Kemendagri akan menghadiahkan sebuah rumah untuk Zohri di Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

1 Unit Rumah di Real Estate untuk Zohri Sang Juara Dunia

BRITO.ID, Jakarta - Sebagai ungkapan rasa bangga dan apresiasi atas prestasi gemilang yang diukir Lalu Muhammad Zohri di kancah dunia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan hadiah kepada pemuda 18 tahun asal Lombok, NTB itu.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Kemendagri akan menghadiahkan sebuah rumah untuk Zohri di Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Tak hanya itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga menawarkan pelari tercepat dunia U20 itu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur khusus, dengan mengikuti pendidikan di Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN).

Hal ini disampaikan Rektor IPDN Ermaya Suradinata saat berkunjung ke rumah Zohri di Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB, Jumat (13/7/2018).

"Pengangkatannya nanti melalui jalur khusus tanpa tes," kata Ermaya seperti dikutip dari Antara.

Selain menjadi ASN, kata Ermaya, Mendagri juga menjanjikan Zohri bisa mengikuti seleksi praja IPDN juga melalui jalur khusus, namun setelah Zohri lulus dari SMA.

"Kami akan berikan khusus sesuai perintah Mendagri masuk IPDN. Tapi harus selesai dulu SMA," tegasnya.

Meski nanti diangkat menjadi ASN, pihaknya tetap memberikan keleluasaan bagi Zohri untuk tetap menjalani profesinya sebagai atlet.

Diberikan Setelah Tiba di Tanah Air

Menurut Tjahjo, keberhasilan Zohri bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menoreh prestasi serupa.

"Khususnya memacu para atlet Tanah Air dalam menoreh prestasi. Mengenai hadiah itu sendiri, akan diberikan begitu Zohri tiba di Tanah Air. Begitu tiba di Indonesia langsung diserahkan simbolis di Jakarta atau di NTB," jelas dia.

Tjahjo menambahkan, Zohri layak jadi inspirasi. Jadi teladan bagi generasi milenial sekarang ini. Sebab di tengah keterbatasan ekonomi, Zohri bisa menoreh prestasi mengagumkan.

"Keberhasilan Zohri dalam kejuaraan dunia harus jadi pesan yang menginspirasi siapa saja, bahwa keterbatasan yang ada bukan halangan untuk mengukir prestasi atau kesuksesan," pungkas Tjahjo.

Lalu Muhammad Zohri mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara dunia di Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 meter U-20 2018 yang berlangsung di Finlandia, Rabu 12 Juli 2018.