2 Kali Mediasi Gagal, Bacaleg Eks Napi Korupsi Partai Berkarya Jalani Sidang Adjudikasi

2 Kali Mediasi Gagal, Bacaleg Eks Napi Korupsi Partai Berkarya Jalani Sidang Adjudikasi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Jambi Dapil Batanghari, Muaro Jambi dari Partai Bekarya, Mukti Sa'ari mengikuti sidang adjudikasi di Bawaslu, atas pencoretan namanya dalam bacaleg. 

Sebelumnya, Mukti Sa'ari terbelit yang merupakan eks napi korupsi kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) dicoret oleh KPU bersama dua partai lainnya. Dua ladi adalah Partai Demokrat Hasan Ibrahim dan dari PBB, Nasrul Hamka. 

Namun keduanya sudah selesai dimediasi dan dimasukkan kembali ke dalam DCT. Sementara Mukti Sa'ari berasama KPU sudah dua kali dimediasi, namun gagal.

Gagalnya gugatan Mukti Sa'ari berlanjut ke sidang adjukasi di Bawaslu Provinsi Jambi. "Kita mengikuti KPU. Kita ikuti sampai ke DCT," kata Mukti Sa'ari, Rabu (3/10).

Menurutnya, dari segi data syarat sebagai DCT semua sudah di lengkapi. Akan tetapi, yang menjadi delik permasalahnnya adalah tentang PKPU yang melarang eks koruptor. Sementara jika merujuk keputusan Mahkamah Agung (MA) tentang caleg eks koruptor boleh maju.

"MA baru muncul setelah itu. Aengan adanya MA kita ada peluang (nyaleg). Kita ngadu ke Bawaslu," katanya.  

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi R membenarkan hal tersebut. Pihaknya menggelar sidang adjudikasi dengan memanggil kedua belah pihak. 

"Pihak pemohon mengajukan lebih kurang dua bukti kesaksian pencalonan yang dilakukan oleh partai politik. Kemudian KPU  juga mengkonfirmasikan terkait dengan aturan, mekanisme dalam PKPU," katanya.

Untuk keputusan lolos atau tidak Bacaleg dari Partai Berkarya tersebut, masing-masing pihak diwajibkan mengumpulkan kesimpulannya pada Jumat (4/10). "Keputusan kita agendakan minggu depan," tutupnya. (ron)