411 Siswa & Siswi Tahfidz Diwisuda, Ini Pesan Walikota Fasha

411 Siswa & Siswi Tahfidz Diwisuda, Ini Pesan Walikota Fasha

BRITO. ID, BERITA JAMBI - Bertempat di lapangan Balai Kota Jambi, dilaksanakan wisuda 411 siswa dan siswi Tahfidz Quran. Para siswa dan siswi tahfidz yang diwisuda pada Kamis (02/05) terdiri dari siswa SD, SMP se - Kota Jambi.

Dalam sambutan Walikota Jambi Sy Fasha banyak memberikan pesan untuk para tahfidz. Fasha mengatakan selama ini para guru agama banyak mengajarkan tentang sejarah-sejarah Islam, sejarah-sejarah para kenabian, namun untuk pelajaran Alquran sangat minim sekali.

Masih ada anak-anak SD, SMP yang tidak mampu membaca Alquran. Hal inilah yang menjadi pemikiran pihak Pemkot khususnya Walikota Jambi. Walikota sebagai seorang pemimpin, nantinya bisa mencetak, mendidik anak-anak sebagai penghafal-penghafal Al-quran di sekolah. Walikota juga menyatakan, sekolah negeri SD dan SMP tahun pertama yaitu tahun 2018 telah direkrut sekitar 80 lebih guru Tahfidz.

"Ternyata hal tersebut menjadikan ketidakadilan, karena ada 187 Sekolah Dasar, ada 25 sekolah menengah pertama atau SMP banyak sekolah yang tidak mendapatkan jatah kuota dari guru Tahfidz ini," jelas Walikota Fasha.

Setelah itu pada tahun 2019 ini ditambahkan lagi 100 untuk guru Tahfidz yang Alhamdulillah tahun ini 180 guru sudah direkrut berdasarkan seleksi yang dilaksanakan oleh panitia dengan melibatkan MUI dan tokoh-tokoh dan para hafiz dan Hafizah.

"Diharapkan para guru tahfidz mampu mengajar dan berkomunikasi untuk bagaimana mereka bisa menyalurkan kemampuannya, bagaimana mereka selama ini menjadi penghafal al-quran dan itu ditularkan kepada anak-anak kita semua," tambah Walikota Fasha.

Dia mengungkapkan mengapa para guru Tahfidz ini disebari di sekolah pemerintah, tidak sekolah sekolah dasar Islam atau sekolah Islam terpadu. Karena selama ini pelajaran Alquran yang didapat oleh sekolah pemerintah sangat minim sekali dibandingkan dengan sekolah-sekolah Islam Terpadu.

"Selama saya menjadi Walikota ataupun Sebelum menjadi Walikota saya belum mendengar pernah ada Wisuda Tahfidz Quran untuk sekolah pemerintah. Dan Alhamdulillah hari ini bisa saya wujudkan itu semua," tutup Sy Fasha. (adv)

Reporter: Dewi Anita