Audit DD di Muarojambi, Ini yang Menjadi Temuan Inspektorat

Penyelenggaraan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 di Kabupaten Muarojambi saat ini tengah dilakukan audit oleh Inspektorat. Saat ini dari 150 desa, 40 Desa di antaranya hampir selesai dilakukan pemeriksaan terhadap laporan penyelenggaraan DD-nya.

Audit DD di Muarojambi, Ini yang Menjadi Temuan Inspektorat
Inspektur Inspektorat Muarojambi Budhi Hartono (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI- Penyelenggaraan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 di Kabupaten Muarojambi saat ini tengah dilakukan audit oleh Inspektorat. Saat ini dari 150 desa, 40 Desa di antaranya hampir selesai dilakukan pemeriksaan terhadap laporan penyelenggaraan DD-nya.

"Mudahan dalam seminggu ke depan sudah kita serahkan," kata Inspektur Inspektorat Muarojambi Budhi Hartono Selasa (5/5/20).

Dikatakan Budhi, rerata temuan di desa masih seputaran pajak. Kendati demikian, Budhi belum bisa membeberkan berapa jumlah temuan tersebut.

"Kalau jumlah perkiraan yang ditemukan belum bisa kita pastikan berapa jumlahnya, karena saat ini masih proses pemeriksaan dan belum selesai," jelasnya. 

Ia juga mengatakan jumlah Desa yang sedang diperiksa laporan pelaksanaan anggarannya sebanyak 40 desa yang tersebar di Kabupaten Muarojambi. 

"Pelaksanaan pemeriksaan dan auditor tidak mesti terjadwal, yang jelas setiap pelaksanaan anggaran,tetap kita lakukan auditor. Contohnya tahun anggaran 2020 apakah pada bulan 8 -10 kita sudah berjalan," kata Budhi menerangkan.

Budhi me genit, bila  dalam proses pemeriksaan tersebut  ada temuan penyalahgunaan anggaran, akan diberi peringatan kepada pihak desa.

"bisa kita kasih peringatan (warning) memang ini sudah tugas kita sebagai Aparat pengawasan internal pemerintah (APIP)," tutupnya.

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi