Bappeda Sarolangun Tingkatkan Daya Saing Melalui KTI

Bappeda Sarolangun Tingkatkan Daya Saing Melalui KTI
Bappeda Sarolangun melakukan sosialisasi KTI. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Upaya meningkatkan daya saing serta daya pikir diera serba digital, Bappeda Sarolangun saat ini sedang menggalakkan Karya Tulis Ilmiah (KTI). 

Dan menjadi sasaran awal, yakni dari pihak akademis dari tingkat SLTP hingga Universitas. 

Hal ini dibenarkan M Alhawarizmi SH MH, Kepala Bidang Penelitian dan Penggembangan, Bappeda Kabupaten Sarolangun, dikonfirmasi Selasa siang (13/8/2019).

Dia mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi sentra promtek dalam menyikapi Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan tema "Iptek dan Inovasi dalam industri kreatif 4.0".

"Industri kreatif 4.0 ini bertujuan untuk kemandirian dan daya saing daerah, sehingga bisa bersaing daya berpikir dan daya saing di era digital, bagaimana cara memilah informasi dan bisa dipertanggung jawabkan," katanya.

Selain itu lanjutnya, dengan KTI ini juga bisa menyampaikan sesuatu dengan tulisan sesuai dengan fakta dilapangan atau sumber lain seperti di internet atau sumber lainnya.

"Kedepan, kita akan buat lomba mulai dari tingkat pelajar hingga umum untuk menulis karya tulus ilmiah ini. Sehingga, diharapkan, masyarakat bisa menyampaikan sesuatu melalui media tulisan melalui era di gital," ujarnya.

Kemudian, menggembangkan kemampuan di tingkat akademis juga tidak cukup dengan kurikulum sekolah. Harus ada nilai tambah dalam mencari ilmu agar dapat bersaing. 

"Salah satu caranya adalah dengan menggikuti ekstrakulikuler seperti membuat karya tulis ilmiah. Dimana diharapkan, dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis," pungkasnya. (Arfandi/Adv)