Batang Hari Juara Umum Kejurda Pra Porprov Catur 2019 di Kerinci

Batang Hari Juara Umum Kejurda Pra Porprov Catur 2019 di Kerinci
Penyerahan Piala Bergilir Pengprov Percasi Jambi oleh Sekum Percasi Jambi ke Pelaksana Harian Percasi Batang Hari yang di dampingi Ketua Umum Koni Kabupaten Kerinci. (Sai/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Kabupaten Batang Hari keluar sebagai juara umum dalam kejuaraan daerah (Kejurda) Pra Pekan Olah Raga Provinsi Jambi 2019. Kegiatan yang diselenggarakan di Kabupaten Kerinci tepatnya di Kayu Aro 22 - 25 Agustus 2019 ini diikuti 251 Atlit dari 11 Kabupaten Kota dalam Provinsi Jambi. 

Ada 25 katagori yang di perlombakan dengan 25 medali emas yang di perebutkan. Selain  memperebutkan piala bergilir Pengprov Percasi Jambi Kejurda yang diselenggarakan di Kabupaten Kerinci juga memperebutkan Piala tetap Bupati Kerinci.

Inspektur pertandingan Hendri Hutabarat mengatakan Kejurda yang diselenggerakan di Kabupaten Kerinci menjadi pemicu bagi para pengurus catur dalam Provinsi Jambi agar lebih meningkatkan pelatihan bagi para atlitnya. 

Selain itu Hendri juga mengharapkan pengcab Percasi Kabupaten Kota untuk tidak memanfaatkan momentum Kejurda untuk meloloskan para atlitnya dengan tidak mendatangkan pemain luar Provinsi Jambi agar bisa lolos di Porprov 2020 di Kota Jambi. 

"Pengprov Percasi Jambi dengan tegas akan mendiskualifikasi hasil kejurda jika di temukan adanya Pengcab Percasi Kabupaten dan Kota yang mengikut sertakan atlit yang berasal dari luar Provinsi Jambi, dan kita sudah berkomitmen untuk tidak menggunakan atlit catur luar Provinsi Jambi," terang Hendri.

Ketua Harian Pengcab Percasi Kabupaten Batang Hari Ardiansyah R, SP WN mengatakan Hasil Kejurda Catur ini menjadi modal awal bagi pengurus dan atlit catur Batang Hari untuk berupaya lebih keras lagi merebut juara umum pada Pekan Olah Raga Provinsi Jambi 2020 yang akan diselenggarakan di Kota Jambi. 

Dengan prestasi di Kejurda Kerinci ini duharapkan para atlit yang telah meraih mendali emas di masing-masing katagori tidak jumawa atas kemenangan yang di raih, namun harus lebih giat lagi berlatih demi mencapai impian juara umum di Porprov 2020 mendatang. 

"Dengan pencapain sebagai Juara Umum di Kejurda Pra Porprov Catur 2019 Kabupaten Kerinci ini,  kita harapkan adanya perhatian dari Pemkab maupun Koni Batang Hari untuk lebih memperhatikan dan pembinaan bagi para atlit yang ada di Batang Hari terutama atlit caturnya," terang  Ardiansyah.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kabupaten Kerinci Ardizal yang menutup Kejurda Pra Proprov Catur 2019 mengharapkan kepada seluruh atlit maupun pengurus catur di Provinsi Jambi untuk lebih aktif melatih. Kemudian membina serta mencari bibit atlit agar Pecatur Jambi bisa meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. 

"Mari kita manfaatkan momentum Kejurda Catur ini sebagai referensi dan evaluasi dalam melihat prestasi atlit sebelum ikut bertanding di tingkat yang lebih baik lagi. Selamat kepada Kabupaten Batang Hari atas raihan juara umum pada Kejurda Pra Porprov Catur 2019 di Kabupaten Kerinci, tentunya bagi kabupaten yang belum mendapat kemenangan jangan berkecil hati,karna masih ada kesempatan untuk meraih juara umum di kejurda berikutnya, " terang Ardizal.

Untuk di ketahui, berdasarkan Rapat Kerja Daerah ( Rakerda)  Catur yang di laksanakan di Kabupaten Kerinci tepatnya di Kayu Aro pada 24 Agustus 2019 yang lalu dan di hadiri seluruh Pengcab Catur Kabupaten Kota dalam Provinsi Jambi memutuskan dan menunjuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai tuan rumah penyenggara Kejurda Catur 2021.(say)