Bing "Visual Search" Membuat Google Mulai Tertinggal

Bing merupakan salah satu search engine atau mesin pencari yang cukup populer di dunia maya, Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang sebelumnya benama Live Seach, Windows Live Search, kemudian MSN.

Bing

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bing merupakan salah satu search engine atau mesin pencari  yang cukup populer di dunia maya, Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang sebelumnya benama Live Seach, Windows Live Search, kemudian MSN. 

Bing begitu populer karena dia berdiri dibawah naungan bendera Microsoft dan perusahaan teknologi raksasa tersebut selalu membuat search engine buatannya bundling dengan web browser yang sudah bundling juga dengan sistem operasi buatanya yaitu Windows.

 

Apakah benar Bing populer?

Mungkin tidak banyak pengguna search engine ini di Indonesia karena pesaing utamanya yaitu Google begitu mendominasi. Menurut saya hasil pencarian di Bing cukup relevan dengan keyword yang kita tulis, sehingga Bing bisa dibilang sudah sangat baik dalam menampilkan hasil pencarian. Coba Anda lakukan pencarian dengan keyword standar seperti :

  • ​"10 search engine terbaik"
  • ​"5 search engine terbaik"
  • ​"Most used search engine"
  • "Best search engine"

Maka Bing akan selalu tampil dalam urutan, tidak pasti diurutan berapa namun Bing selalu ada dalam hasil pencarian tersebut. Bing memang sudah menunjukan kredibilitas nya sebagai raksasa search engine.

Lalu apa yang menarik dari Bing?

Bing sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan search engine lainnya, baru - baru ini pada tanggal 12 September  Bing mengeluarkan cara melakukan pencarian didunia maya dengan metode yang mereka namai "Visual Search". Dengan adanya fitur ini Anda bisa mencari sebuah benda dengan menggunakan sebuah gambar.

Contoh : ketika Anda sedang melihat sebuah gambar  desain meja kantor dan segala isinya kemudian Anda melihat sebuah benda yang menarik perhatian Anda seperti lemari, dengan menggunakan visual search Anda bisa mencari gambar lain yang serupa dengan lemari yang Anda lihat pada gambar desain meja kantor tersebut. 

Bagaimana cara menggunakannya ?

  • ​Buka search engine Bing > pilih Image > pilih gambar kamera (disamping gambar kaca pembesar kolom pencarian)
  • Anda bisa mengunggah gambar Anda sendiri atau menggunakan url gambar pada sebuah website
  • Kemudian tekan gambar kaca pembesar dan mulailah menyorot benda pada gambar tersebut.

KESIMPULAN 

Menurut saya visual search milik bing fitur yang sangat unik dan sangat bermanfaat sekali, bayangkan jika Anda tidak perlu repot - repot mencari nama model barang yang Anda lihat namun tidak mengetahui namanya. Bisa dibilang visual search adalah pengembangan dari fitur search by images pada search engine .

​Saya sendiri sudah mencoba beberapa kali menggunakan visual search dari bing hasilnya cukup memuaskan meskipun terkadang tidak akurat atau bahkan tidak berhubungan sama sekali, mungkin hal ini terjadi karena tidak ada gambar lain yang relevan dengan yang saya cari. Bahkan saya menggunakan wajah saya sebagai objek pencarian dan saya pikir akan keluar hasil pencarian berupa gambar dari sosial media saya namun kenyataannya tidak sama sekali.

​Mengingat visual search masih sangat baru mungkin ke depannya Bing sebuah mesin pencari yang berdiri dibawah bendera Microsoft ini akan menyempurnakan visual search menjadi lebih akurat. Demikianlah informasi yang dapat saya berikan , semoga bisa menambah wawasan Anda. Let's be a smart user!. (sdj)