Breaking News!!! Hakim Vonis 3 Tersangka Suap Ketok Palu 4 Tahun

Majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi  membacakan putusan 3 terdakwa kasus suap ketok palu. Vonis hakim kasus uang ketok palu Jambi itu adalah untuk Muhammadiyah, Effendi Hatta dan Zainal Abidin.

Breaking News!!! Hakim Vonis 3 Tersangka Suap Ketok Palu 4 Tahun
Pembacaan Vonis Oleh Hakim Pengadilan Tipikor (Hendro/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi  membacakan putusan 3 terdakwa kasus suap ketok palu. Vonis hakim kasus uang ketok palu Jambi itu adalah untuk Muhammadiyah, Effendi Hatta dan Zainal Abidin.

Oleh majelis hakim yang dipimpin Hakim Yandri Roni dan dua anggotanya, para terdakwa telah melawan hukum atas jabatan yang ada padanya.

"Unsur sebagai pegawai negeri atau penyelenggara telah terpenuhi," kata anggota Hakim Adly, Kamis (27/2/2020).

Bahkan menurut hakim, para terdakwa juga terbukti menerima janji atau hadiah, sebagai bentuk untuk menggerakkan sesuatu.

"Terlebih ketiga terdakwa telah mengakui sendiri bahwa menerima uang suap ketok palu, untuk mengesahkan RAPBD Provinsi Jambi," kata hakim.

"Menjatuhkan hukuman penjara kepada masing-masing terdakwa selama 4 tahun, dan denda Rp.200 juta, subsider 3 bulan," kata Hakim Yandri Roni.

Selain penjara, para terdakwa juga dicabut hak politik nya selama 5 tahun, setelah selesai proses hukuman.

"Menjatuhkan hukuman membayar uang pengganti sebesar Rp. 100 juta, jika tidak dibayar selaman putusan tetap, maka harta benda disita. Namun jika tidak mencukupi maka diganti dengan kurungan selama 3 bulan," kata hakim. 

Penulis: Hendro

Editor: Rhizki Okfiandi