Bupati Bungo Mashuri Tinjau Pasar Tani di Sungai Udo

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo menggelar kegiatan pasar tani di Sungai Udo, Kelurahan Jaya Setia, Kabupaten Bungo, Senin (09/03).

Bupati Bungo Mashuri Tinjau Pasar Tani di Sungai Udo
Bupati Bungo Mashuri meninjau Saung Sentra Sayuran di Sungai Udo. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo menggelar kegiatan pasar tani di Sungai Udo, Kelurahan Jaya Setia, Kabupaten Bungo, Senin (09/03).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bungo H.Mashuri, SP. ME, Kepala Dinas TPH Bun Muhammad Hasbi, Camat Pasar Muara Bungo, Lurah se-Kecamatan Pasar Muara Bungo, serta masyarakat sekitarnya.

Bupati Mashuri mengatakan kehadiran di lokasi kelompok tani masyarakat Sungai Udo hari ini diresmikan saung taninya.

"Setelah saung tani kita resmikan, kemudian tahun yang lalu kita berharap Sungai Udo, Kelurahan Jaya Setia ini betul-betul menjadi sentra sayur-sayuran di Kabupaten Bungo," katanya.

Kendagi selama ini sudah menjadi sentra sayuran, tapi juga masih ada sebagian lahan masyarakat yang belum dimanfaatkan oleh petani

“Ide dari masyarakat juga dan selain sentra sayur-sayuran kita menjadi tempat edukasi masyarakat kita untuk bertanam sayur-sayuran," katanya.

Mulai dari edukasi di sekolah, ketika belajar tentang tanaman anak-anak di sekolah dasar, SMP bisa dibawa ke sini. Mereka untuk belajar cara bercocok tanam mulai dari tanaman sampai hasil yang ditanam.

"Kita juga berharap ini bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar makanya kita buat juga sebentuk outlet-outlet untuk tempat berjualan sayur-sayuran. Tahun 2019 kemarin kita sudah bangun 5 outlet oleh dinas pertanian dan 2 minggu ini sudah mulai ditempati oleh para petani kita," katanya.

“Bupati berharap kedepannya outlet -outlet ini bisa di gunakan oleh para pedagang sekitar kita ini, jangan sampai terjadi pedagang dari luar sana yang jualan kesini," tambahnya.

Kepala Dinas TPH Bun Muhammad Hasbi mengatakan bersama bupati melihat secara langsung kegiatan pasar tani yang berada di sungai Udo, Kelurahan Jaya Setia, Kabupaten Bungo ini.

“Alhamdulillah kita senang melihat masyarakat kita bisa fokus ke pertanian terutama di bidang sayur-sayuran," ungkapnya.

Pihaknya sengaja membuat outlet-outlet ini agar masyarakat sekitar tidak perlu berdagang sayur di tempat yang jauh. Dirinya pun senang melihat masyarakat sudah memulai bisnis sayuran.

"Kalau masalah bibit kami dari dinas TPH Bun Kabupaten Bungo selalu memberi bantuan kepada seluruh petani kita yang ada di Kabupaten Bungo ini, terutama untuk petani sayur-sayuran di sungai Udo," katanya. (red/Adv)