Dihadapan Wabup Sarolangun, Perusahaan Tambang Buat 11 Kesepakatan

Dihadapan Wabup Sarolangun, Perusahaan Tambang Buat 11 Kesepakatan

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri mengatakan untuk deposit dana reklamasi pertambangan di wilayah Kabupaten Sarolangun dikelola Pihak Provinsi  Jambi.

 

"Untuk dana reklamasi itu semua dikelola pihak ESDM Provinsi Jambi. Kita hanya sifatnya monitor," kata Wabup Hilalatil ditanya BRITO.ID usai rapat di Aula Kantor Bupati Sarolangun (7/5/2019).

 

"Pihak Kabupaten tetap monitoring, sebab akan berdampak langsung untuk Kabupaten Sarolangun. Untuk itu kita pantau sejauh mana perusahaan mengelola reklamasi," ungkap Hilal.

 

Terpisah, Syarif salah satu Humas PT SBC diwawancarai BRITO.ID berapa jumlah perusahaan menyetor deposit reklamasi tambang?. "Semua itu sudah tertuang dalam aturannya. Kita hanya mengikuti saja," kata Syarif

 

"Untuk pembayarannya kita hanya bayar 1 tahun untuk reklamasi 5 tahun. Kalau pertahunnya berkisar Rp200 juta lebih. Hitunglah kalau 5 tahun berapa yang kita bayar," singkatnya

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun dikonfirmasi mengatakan dalam rapat pengelolaan lingkungan tambang Kabupaten Sarolangun menghasilkan 11 kesepakatan. Diantaranya soal CSR, perbaikan amdal, laporan kegiatan pertriwulan, laporan perubahan penanggung jawab atau pemilik saham. Kemudian Laporan angkutan, kewajiban reklamasi, taat pada aturan amdal dan laporan UKL-UPL serta RKL-RPL setiap enam bulan sekali.

 

"Rapat ini kita menghasilkan berapa kesepkatan.  Yaitu masalah CSR, pembaikan amdal dan salah satunya tentang kewajiban reklamasi tambang," pungkasnya.(red)

 

Reporter Arfandi S