Dua Atlet Petanque Jambi Berlaga Kejuaraan Internasional di Perancis

Dua Atlet Petanque Jambi Berlaga Kejuaraan Internasional di Perancis
Atlit Jambi (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dua atlet binaan Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jambi yang kini mengikuti program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games, dalam waktu dekat akan mengikuti kejuaraan internasional petanque yang akan berlangsung di Prancis.

Kedua atlet petanque Jambi, Abun Nawan dan Mirda Wahyuni akan memperkuat tim nasional pada ajang kejuaraan internasional di Prancis sebagai ajang pemanasan menjelang tampil pada SEA Games di Filipina tahun ini, kata Ketua Umum Pengprov Fopi Jambi Sukendro di Jambi, Senin (8/7).

Kedua atlet muda Jambi itu kini sedang menjalani program Pelatnas yang digelar PB FOPI bersama atlet daerah lainnya yang lolos seleksi nasional. Setelah itu Abun dan Mirda dan atlet lainnya memantapkan persiapan mereka di Sergenes, Prancis.

"Disana (Prancis) para atlet Pelatnas Indonesia tidak hanya berlatih saja, mereka juga diikutkan berbagai kejuaraan petanque di Prancis," kata Sukendro yang juga Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Jambi itu.

Abun dan Mirda bersama atlet nasional lainnya bakal lama di Prancis. "Bisa sebulan lebih atau minimal dua minggu lebih lah di Prancis," ucapnya.

Abu Nawan merupakan atlet petanque dari Kabupaten Tanjab Timur dan Mirda Wahyuni dari Batanghari. Keduanya masih tercatat sebagai mahasiswa FIK Unja. Abun menembus pelatnas SEA Games karena peringkat lima nasional. Sementara Mirda Wahyuni diperingkat satu nasional dari seleksi nasional yang diikuti seluruh atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Sukendro, ada beberapa atlet petanque Jambi lainnya yang ikut seleknas, namun tidak masuk pelatnas. Karena tidak masuk lima besar dalam seleknas, baik putra maupun putri. PB juga meminta atlet peringkat enam di daerah untuk tetap berlatih. Apabila ada yang terdegradasi nantinya, langsung menggantinya.

Sukendro mengatakan terpilihnya Abun dan Mirda sebuah prestasi besar yang telah diraih petanque Jambi yang pembinaannya sudah berjalan sejak enam tahun lalu. Di setiap kejurnas berhasil meraih medali emas dan pada PON 2020 nanti akan dibuktikan untuk bisa meraih dan mempertahankan prestasi itu.

Secara resmi cabang olahraga petanque akan dipertandingkan pada PON 2020 di Papua dan pada SEA Games 2019 di Filipina. "Semoga atlet Jambi bisa meraih prestasi di pentas internasional tersebut," pungkasnya. (RED)