Dugaan Korupsi di Pengerjaan Jalan Tantan Rantaumajo, Kasi Intel Kejari: Kita Telusuri

Polemik pekerjaan proyek peningkatan jalan Tantan-Rantaumajo terus bergulir. Terbaru, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Muarojambi Senin (29/11/21) geruduk Kajari Muarojambi.

Dugaan Korupsi di Pengerjaan Jalan Tantan Rantaumajo, Kasi Intel Kejari: Kita Telusuri
Kasi Intel Kejari Muarojambi Ahmad Fauzan (Raden Romi/Brito.id)

BRITO. ID, BERITA MUAROJAMBI - Polemik pekerjaan proyek peningkatan jalan Tantan-Rantaumajo terus bergulir. Terbaru, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Muarojambi Senin (29/11/21) geruduk Kajari Muarojambi. 

Kedatangan LSM yang diketuai oleh Syahrial tersebut melaporkan dan mempertanyakan pekerjaan perkerasan jalan tersebut. Menurut mereka, pekerjaan dengan gelontoran dana Rp1.7 milliar tersebut sarat dengan penyimpangan. 

Setidaknya, ada 7 poin yang dilaporkan oleh LMPP. Mulai dari kualitas jalan, kualitas tanah urukan, hingga proses pencairan proyek tersebut. 

"Kami menduga pengerjaan proyek ini sarat dengan penyimpangan hingga dugaan korupsi. Dan tentunya, kami meminta pihak APH dalam hal ini Kejari Muarojambi untuk segera menindaklanjuti," kata Ketua LMPP Muarojambi Syahrial Senin (29/11/21).

Laporan dari LMPP ini diterima oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Muarojambi Ahmad Fauzan, SH. MH.

"Laporan dari pihak LSM LMPP Macab Muaro Jambi sudah kita terima kemudian diteruskan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Bapak Kamin, SH. MH. sebagai Pimpinan untuk selanjutnya segera ditindaklanjuti," kata Kasi Intel Kejari Muarojambi Ahmad Fauzan. 

Apakah dlm laporan tersebut ada indikasi dugaan penyimpangan hingga indikasi korupsi dalam pengerjaan proyek tersebut, menurut Ahmad Fauzan kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Namun tentunya, untuk menemukan hal tersebut harus perlu dilakukan penelusuran terlebih dahulu. 

"Bisa jadi nanti ditemukan (adanya indikasi dugaan korupsi), namun terlebih dahulu kita perlu telusuri, kita teliti dan telaah secara detail dengan tetap mengedepankan “asas praduga tak bersalah” kata Kasi Intel 

Fauzan menyebut, sebagai tindaklanjut dari laporan tersebut, pihaknya akan segera melakukan penelusuran dengan meminta keterangan dari pihak-pihak terkait. 

"Kita akan meminta keterangan dari pihak terkait termasuk juga nanti akan mengecek kondisi di lapangan," kata Fauzan. 

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi