Duh Bukti CCTV Pengawal KPK Terima Duit dari Idrus Marham

Duh Bukti CCTV Pengawal KPK Terima Duit dari Idrus Marham
Screenshot video CCTV pengawal KPK terima uang dari pihak Idrus Marham. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - KPK memecat pengawal tahanan yang bertugas mengawal Idrus Marham ke RS MMC Jakarta. Diduga pengawal tahanan itu menerima uang Rp 300 ribu dari pihak Idrus.

Ombudsman memperlihatkan pengawal tahanan M sempat menerima sejumlah uang dari seseorang saat mengawal Idrus Marham.

Diduga pengawal tahanan itu menerima uang Rp 300 ribu dari pihak Idrus.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Obudsman Jakarta Raya, Teguh P. Nugroho dan Kepala Keasistenan Pemeriksaan Obudsman Jakarta Raya, Indra Wahyu Bintoro memberi pernyataan pers di gedung Ombudsman RI, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Keduanya menjelaskan proses laporan maladministrasi oleh Idrus Marham saat berobat ke RS MMC, Jakarta.

Ombudsman menyatakan Idrus didapati berada di kawasan coffee shop RS MMC Jakarta selepas salat Jumat yang, menurut Ombudsman, tidak ada lagi tindakan medis yang dilakukan pada Idrus pada saat itu. Ombudsman juga menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan kegiatan Idrus selama di kawasan RS MMC, termasuk di coffee shop. 

Idrus juga terlihat tidak menggunakan rompi tahan dan borgol serta tampak menggunakan ponsel milik seseorang saat berada di coffee shop. Idrus pun terlihat mengobrol dengan sejumlah orang. Ada juga rentang waktu saat pengawal tahanan tidak berada di dekat Idrus ketika di coffee shop. KPK kemudian memberi sanksi berat kepada pengawal tahanan yang bertugas mengawal Idrus ke RS pada 21 Juni 2019 itu. Pemecatan dilakukan karena pelanggaran disiplin seperti dilansir detikcom. (RED)