Duh!! Sedang Diperiksa, Tersangka Jambret Polsek Jambi Selatan Kabur

Duh!! Sedang Diperiksa, Tersangka Jambret Polsek Jambi Selatan Kabur

BRITO.ID, BERITA JAMBI -  Kejadian tak mengenakan menimpa Jajaran Polsek Jambi Selatan. Pasalnya, tersangka jambret yang diserahkan ke Mapolsek kabur saat tengah dimitai keterangan untuk berkas perkara, (BAP). 

Tersangka jambret tersebut berinisial MQ (24) warga Ulugedong, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Ia diserahkan ke penyidik  Kamis (18/4) lalu pukul 10.45 WIB.

Namun berselang kurang lebih 6 jam, tepatnya pukul 17.30 WIB pelaku melarikan diri dengan kondisi tangan terborgol.

Panit Reskrim Polsek Jambi Selatan, IPTU Barmawi saat ditemui di ruangan kerjanya mengatakan jika kejadian tersebut diluar dugaan. Saat itu hampir seluruh personel sedang melakukan pengamanan di TPS sesuai dengan surat perintah pengamanan Pemilu. 

Disaat kejadian, ruang pemeriksaan hanya ada dua personel yang bertugas menjaga Mapolsek Jambi Selatan untuk pos Reskrim. Dirinya menambahkan, saat ini petugas tengah memburu pelaku yang berhasil kabur itu. 

"Kemarin itu, hampir seluruh personel Polsek Jambi Selatan sedang melakukan pengamanan Pemilu. Petugas piket untuk di Reskrim hanya ada dua orang, itupun baru pulang dari pengamanan, saat itu proses BAP. Baru sampai mengolah identitas pelaku, waktu yang menjelang sholat Maghrib, di hentikan sementara, nah di situ lah pelaku melarikan diri," ujar IPTU Barmawi Jumat (10/5/2019).

Dikatakannya, untuk kedua personel yang mendapat tugas jaga, saat ini telah menjalani pemeriksaan oleh Provost Polresta Jambi untuk mempertanggung jawabkan atas dugaan kelalaian saat bertugas.  

"Dua orang yang bertugas juga telah diperiksa atas dugaan kelalaian dalam bertugas," katanya. 

Untuk diketahui, pelaku melakukan aksinya di kawasan Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Pall Merah, Kota Jambi dengan nomor laporan LP/B-185/IV/2019/SPKT III.

Untuk barang bukti yang turut diamankan saat ini dipinjam pakai oleh korban yakni seorang ibu rumah tangga berinisial MW yakni emas seberat 2 suku dengan total nilai Rp 7 juta rupiah. Pinjaman pakai tersebut di beri waktu hingga pelaku sendiri berhasil di tangkap. 

Terkait hal tersebut Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya termasuk melakukan pemeriksaan anggota yang berjaga di polsek tersebut.

"Kita sudah minta Kabid Propam untuk melakukan tindakan," katanya.

Kapolda juga menegaskan sanksi tegas akan diberikan kepada para jajaran yang telah lalai tehadap tugasnya tersebut. "Sanksi tegas nanti akan ada setelah hasil dari Propam. Propam yang tangani," ujarnya. (Red)

Reporter : Deni S