Ma'ruf Targetkan Startup Hingga 3.500, Sandi Kasih Solusi UMKM untuk Lapangan Kerja

Ma'ruf Targetkan Startup Hingga 3.500, Sandi Kasih Solusi UMKM untuk Lapangan Kerja

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Cawapres Ma'ruf Amin bicara soal target startup RI dalam lima tahun ke depan sampai 3.500. Cawapres Sandiaga Uno mengatakan, UMKM adalah solusi untuk lapangan kerja.

"Prabowo-Sandi melihat UMKM adalah solusi peciptaan lapangan kerja, UMKM adalah jumlah 99,9 persen dari unit usaha yang dimilik bangsa ini, yang dicatat mereka belum mendapat keberpihakan dari segi kebijakan," kata Sandiaga menjawab Ma'ruf, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Sandiaga mengatakan akan menyiapkan kebijakan yang memisahkan tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal. Dia ingin ada perbandingan antara tenaga kerja asing, agar tenaga kerja lokal mendapat keadilan dari pemerintah.

"Untuk tenaga kerja asing kami memiliki konsep yang jelas, kami akan pastikan siapapun yang kerja di sini harus bisa bahasa Indonesia, kami pastikan juga jumlah perbandingan tenaga kerja asing dan lokal terukur dengan baik," paparnya.

Sandiaga akan mendorong Program OK OCE untuk keberpihakan kepada UMKM. Dia juga akan memberikan akses pendampingan hingga lowongan pekerjaan bagi anak negeri," katanya.

"Program OK OCE yang kami dorong berpihak pada UMKM, pendampingan, akses keuangan, akan tingkatkan dunia usaha, kalau ada lowongan tenaga kerja berikan pada anak-anak negeri kita sendiri jangan sampai tersingkir dan terasing karena tenaga kerja asing," jelasnya.(RED)