Mau Dapat Bantuan Sosial Modal Usaha Rp3,5 Juta? Begini Caranya...

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial (bansos) untuk modal usaha sebesar Rp3,5 juta. Bansos modal usaha ini diberikan kepada masyarakat yang melalui program keluarga harapan (PKH).

Mau Dapat Bantuan Sosial Modal Usaha Rp3,5 Juta? Begini Caranya...
Ilustrasi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial (bansos) untuk modal usaha sebesar Rp3,5 juta.

Bansos modal usaha ini diberikan kepada masyarakat yang melalui program keluarga harapan (PKH).

Dengan begitu, masyarakat yang ingin mendapatkan bansos modal usaha ini, harus terdaftar menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta PKH.

Nantinya, bansos modal usaha akan diberikan kepada KPM PKH yang telah digraduasi.

Secara definisi, PKH Graduasi merupakan KPM PKH yang telah meningkat kondisi sosial ekonominya.

Indikator peningkatan kondisi tersebut dibuktikan melalui kegiatan pemutakhiran atau pembaharuan data PKH oleh Kemensos.

Dalam penyalurannya, bansos modal usaha Rp3,5 juta akan diberikan ke masing-masing peserta PKH Graduasi dengan rincian, yakni untuk modal usaha sebesar Rp2 juta, inkubasi dan mentoring sebesar Rp1 juta, serta pengamanan usaha sebesar Rp500.000.

Untuk mendapatkan bansos modal usaha Rp3,5 juta, masyarakat harus menjadi peserta PKH terlebih dahulu. Untuk mendaftar PKH, bisa simak syarat dan cara daftarnya berikut ini.

Syarat Daftar PKH

1. Masuk dalam kategori keluarga kurang mampu, keluarga miskin, atau rentan miskin.

2. Bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.

3. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Cara Daftar PKH

1. Melaporkan diri ke RT/RW atau aparat Desa/Kelurahan untuk didata dan diverifikasi ulang, dengan membawa KTP dan KK untuk menjadi peserta PKH yang terdaftar di DTKS.

2. Masyarakat yang tidak memiliki KTP ataupun NIK tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. Silahkan lapor ke RT/RW untuk proses lebih lanjut.

3. Setelah mendaftar di RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa, nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

4. Setelahnya, Anda membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu yang diberikan pihak RT/RW atau Kelurahan/Desa.

5. Selanjutnya, pihak Kemensos akan melakukan penyaringan dan validasi.

6. Jika telah disetujui,setiap KPM PKH akan diberikan kartu keluarga sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai alat transaksi yang dicetak berdasarkan permintaan dari Kemensos.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lolos atau tidak sebagai peserta PKH, Anda bisa melihatnya di dtks.kemensos.go.id.

Proses Graduasi untuk Dapat Bansos Modal Usaha

Graduasi bagi KPM PKH akan dilakukan oleh Pendamping Sosial.

Nantinya, Pendamping Sosial akan menemukan KPM yang tidak layak digraduasi dan KPM yang layak untuk digraduasi.

Sumber: pikiranrakyat.com
Editor: Ari