Mbah Supri, Kaget Dapat Penghargaan dari Kapolres Bungo-Jambi: Capaian Vaksin Hingga 1.200 Dosis!

Siapa sangka, Mbah Supri, Kepala Puskesmas Kuamang Kuning yang akhir September 2021 ini mau pensiun malah dipanggil Polres Bungo-Jambi. Ternyata bukan bukan punya masalah, dirinya dipanggil karena capaian tugas di wilayahnya untuk vaksinasi massal harian tertinggi 1.200 dosis. 

Mbah Supri, Kaget Dapat Penghargaan dari Kapolres Bungo-Jambi: Capaian Vaksin Hingga 1.200 Dosis!
Supriyono SKM Kepala Puskesmas Kuamang Kuning bersama nakes lainnya dapat penghargaan dari Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro. (Ari/brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Siapa sangka, Mbah Supri, Kepala Puskesmas Kuamang Kuning yang akhir September 2021 ini mau pensiun malah dipanggil Polres Bungo-Jambi. Ternyata bukan bukan punya masalah, dirinya dipanggil karena capaian tugas di wilayahnya untuk vaksinasi massal harian tertinggi 1.200 dosis. 

Ditemui usai mendapatkan penghargaan dari Kapolres Bungo dan Dandim 0416/Bute ini, pemilik nama Supriyono mengaku akan pensiun atau purna tugas dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pada akhir September ini. 

"Saya mau Pensiun akhir bulan September ini kaget kok dipanggil dateng ke Polres, ada masalah apa? Dan sempat panik, ya wes, datenglah," ungkapnya sambil tersenyum. 

Pria yang ramah inipun mengaku dalam bekerja haruslah maksimal. Apalagi dalam menyukseskan program Presiden Jokowi untuk vaksinasi. Maka bersama unsur forkopimcam, Mbah Supri melakukan sosialisasi ke berbagai desa/dusun agar masyarakat mau divaksin.

Supriyono, SKM Kepala Puskesmas Kuamang Kuning Kabupaten Bungo Jambi (Ari/brito.id)

"Alhamdulillah, antusias warga mengikuti vaksinasi luar biasa. Bahkan sehari hingga 1.200 dosis yang kita vaksin. Insya Allah saya akan berakhir tugas untuk memberikan catatan baik bagi warga Kuamang Kuning, Kabupaten Bungo, Jambi," ujarnya. 

Dirinya pun tak pernah berharap apapun dari suksesnya program vaksinasi di wilayahnya. Cuma, Mbah Supri hanya meminta untuk selalu patuh kepada protokol kesehatan yang ketat, sehingga terhindar dari Covid-19 dan lepas dari PPKM. 

"Empat pilar (TNI, Polri, Kesehatan dan Pemdes) yang bergerak tetap solid untuk vaksinasi. Seperti vaksinasi serbuan di GOR Sehati dengan capaian 1.200 dosis perhari. Di SMAN 8 kemarin capaian 1.042 orang yang divaksin dan hari selanjutnya Pelepat Ilir menyumbangkan vaksinasi 3.000 lebih atau 43 persen," paparnya penuh semangat.

Mbah Supri juga berharap kepada masyarakat yang belum agar mau divaksin, sebab katanya, vaksin saat ini jenis Moderna dengan intensitas tinggi 94 persen. Tingkat imunitas yang tinggi ini diharapkan agar masyarakat mau divaksin. 

"Vaksin Moderna ini tidak ada efek sampingnya, dan jika ada yang mengatakan miring soal vaksin ini, itu adalah hoaks. Semoga masyarakat lepas dari Covid-19 ini," harapnya.

Sementara Kapolres Bungo, AKBP Guntur Saputro memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih keihklasan semua pihak dalam memberikan bakti dan pengabdiannya kepada negara.

“Kami sangat bangga sekali melihat ketulusan dalam bekerja untuk membantu masyarakat untuk mengikuti vaksin," katanya.

Kategori Puskesmas berdedikasi tergesit capaian vaksinasi tertinggi. Penghargaan itu diberikan kepada Puskesmas Rimbo Tengah, kemudian penghargaan bergengsi juga diberikan kepada Kepala Puskesmas Kuamang Kuning I, atas nama Supriyono, SKM.

"Semoga pak Supriyono tetap semangat dalam menjalankan tugas, meski dalam waktu dekat beliau purna tugas. Terima kasih atas dedikasi beliau yang menyukseskan program vaksinasi serbuan Polisi Membumi Viral, sehingga herd Immunity meningkat," katanya.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa hasil capaian vaksinasi Bungo masih rendah, baru mencapai 30 % untuk dosis 1. Dirinya berharap agar semua pihak tidak boleh berpuas diri, tidak boleh berhenti.

"Untuk itu bagi saudara-saudara yang menerima penghargaan jangan berhenti terus bekerja. Mengabdi dan berbuat jaga rakyat tetap sehat. Semoga hal ini menginspirasi elemen 4 pilar plus yang lain untuk berlomba-lomba menjaga rakyat tetap sehat," pungkasnya. (Ari Widodo)