Melalui Sidang Online, Hakim Vonis Kades Papauh Tanjab Barat 2 Tahun 10 Bulan

Melalui aplikasi online, majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi, membacakan putusannya, terhadap Karmani, Kepala Desa (Kades) yang terlibat kasus dana ADD dan Dana Desa Sungai Papauh, Kecamatan Muara Papalik, Tanjabbar.

Melalui Sidang Online, Hakim Vonis Kades Papauh Tanjab Barat 2 Tahun 10 Bulan
Suasana Sidang di Pengadilan Tipikor Jambi (Hendro Sandi)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Melalui aplikasi online, majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi, membacakan putusannya, terhadap Karmani, Kepala Desa (Kades) yang terlibat kasus dana ADD dan Dana Desa Sungai Papauh, Kecamatan Muara Papalik, Tanjabbar.

Oleh hakim yang dipimpin Hakim Morailam Purba, terdakwa dinyatakan terbukti korupsi dan tidak mendukung penuh program pemerintah, dalam memberantas korupsi. 

"Yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum," kata hakim, Senin (27/4).

"Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa Karmani selama 2 tahun dan 10 bulan, serta denda sebesar Rp. 100 juta, subsider 3 bulan kurungan," sebut hakim.

Selain pidana penjara dan denda, Karmani juga diwajibkan membayar Uang Pengganti yang jumlahnya mencapai Rp.364 juta. 

"Jika tidak dibayar setelah hukuman tetap, maka harta benda terdakwa disita jaksa untuk menutupi kerugian negara. Namun bila tidak mencukupi maka diganti dengan kurungan selama 6 bulan," tegas hakim.

Putusan ini diketahui lebih ringan tuntutan jaksa. Dimana sebelumnya terdakwa dituntut penjara selama 4 tahun, dengan denda yang sama.

Terdakwa terlibat kasus ini setelah melakukan korupsi terhadap Dana ADD dana dan Dana Desa, tahun anggaran 2017-2018. Adapun praktik penyimpangan yang dilakukan terdakwa tersebut yakni mengelola anggaran sendiri, tidak melibatkan pejabat, lain serta menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Penulis: Hendro Sandi