Mengenal Lebih Dekat Sony Propesma, Dokter Gigi yang Juga Hobi Otomotif

Mendengar nama drg Sony Propesma MPH, mungkin terdengar tak asing bagi masyarakat Merangin. Dokter gigi yang kini menjabat sebagai Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Merangin ini, memang cukup terkenal supel dan mudah bergaul.

Mengenal Lebih Dekat  Sony Propesma, Dokter Gigi yang Juga Hobi Otomotif
drg Sony Propesma Bersama Mobil Kesayangannya (ist)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN – Mendengar nama drg Sony Propesma MPH, mungkin terdengar tak asing bagi masyarakat Merangin. Dokter gigi yang kini menjabat sebagai Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Merangin ini, memang cukup terkenal supel dan mudah bergaul.

Berprofesi sebagai dokter gigi, tak membuat pria kelahiran 1971 ini membatasi hobinya dengan hal yang menantang. Ternyata Bapak 3 anak ini mempunyai hobi yang cukup menantang di dunia otomotif, khususnya offroad.

Bahkan, saban hari, selain menjalankan profesinya sebagai dokter gigi, Ia tak lupa mengotak-ngatik mobil tuanya jenis Jeep Wheelis. 

Ditemui di ruangannya, Sony menyebutkan, kecintaannya terhadap otomotif dimulai sejak 2003. Bahkan tamatan Universitas Baiturrahmah Padang ini sempat menjadi Ketua Merangin Offroad (MOR).

“Pokoknya sebelum mulai praktik, saya sempatkan untuk merawat mobil tua kesayangan, ya namanya juga hobi,” ujarnya.

Selain itu, Sony juga telah malang melintang di dunia kesehatan Merangin. Putra asli Pulau Rengas dari pasangan Abdul Manap dan Marni Ayub ini, telah mengabdi di dunia kesehatan semenjak 1999 hingga sekarang. Mulai dari jabatan Kepala Puskesmas hingga Kepala TU di RSUD Kol Abundjani sudah ditekuninya hingga sekarang.

“Tugas pertama itu di Puskesmas Pasar Rantau Panjang, kemudian menjadi Kapus (Kepala Puskesmas) di Simpang Parit dan Pematang Kandis, sudah itu juga sempat menjabat di RSUD Bangko, dan sudah dua kali Kabid di Dinkes , hingga sekarang,” ujarnya.

Kecintaannya terhadap dunia kesehatan memang diturunkan dari Ibu hingga menular ke anak-anaknya. Sang Ibu, Marni Ayub, sempat bertugas sebagai tenaga kesehatan di RS DKT Jambi atau RS Dr Bratanata. 

Kemudian, anak pertama Jadil Haqi Wanadri Propesma sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan anak kedua . Khansa Zafira juga sedang menempuh pendidikan Dokter Gigi di Unand Padang.

“Istri saya juga Dokter gigi,” sambungnya dengan nada tertawa.

drg Sony Propesma dan Keluarga (ist)

Berikut Profil lengkap drg Sony Propesma Mph

Tempat Tanggal Lahir: Jambi, 12 Oktober 1971

Pendidikan: 
SD Xaverius Jambi
SMP PGRI 1 Padang
SMA N 3 Jambi
S1- Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang
S2- Kebijakan Pembiayaan Kesehatan (MAK)

Istri: drg Adriani

Anak:

Jadil Haqi Wanadri Propesma
Khansa Zafira
Asror Aulia Amal

Penulis: Rhizki Okfiandi