Pemprov Jambi Tindaklanjuti Janji Jokowi dengan Suku Anak Dalam

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto memimpin Rapat Forum Bupati se Provinsi Jambi terkait pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat hukum adat.

Pemprov Jambi Tindaklanjuti Janji Jokowi dengan Suku Anak Dalam

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto memimpin Rapat Forum Bupati se Provinsi Jambi terkait pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat hukum adat.

Pada kesempatan tersebut, Dianto mengatakan rapat ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun pada Tahun 2015 lalu.

  BACA JUGA
Puluhan Warga Jambi Ini Tolak Gerakan #2019GantiPresiden

“Pada saat itu, Presiden menjanjikan akan memberikan satu kawasan yang layak bagi Suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam. Tindak lanjut ini diinisiasikan dari Kantor Staf RI dan akan diperiksa ulang oleh Presiden,” ucap Dianto.

Sebelumnya ada hal yang belum diselesaikan, terutama adalah untuk Kawasan Bukit 12. pada saat itu oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menjanjikan akan memberikan lahan. Ternyata itu adalah Taman Nasional.

“Itu regulasi khusus, jadi tidak bisa semena-mena dijadikan kawasan bagi SAD yang dimintakan oleh kabupaten ke Ibu Menteri,” terangnya.

Proses itu yang hingga saat ini menjadi kendala bagi Pemerintah Provinsi Jambi untuk membuat pemukiman bagi SAD di Kecamatan Air Hitam. Hal ini nantinya akan disepakati. Tidak hanya SAD saja tapi keseluruhan bagi masyarakat hukum adat terutama komunitas adat terpencil.

  BACA JUGA
Cek Endra Yakin Jalan Khusus Adalah Solusi Konflik Angkutan Batu Bara

“Pemerintah terus berupaya mencari solusi dan jalan keluar terkait permasalahn tersebut, agar bisa sejahtera dan mempunyai kawasan pemukiman yang layak untuk ditempatkan,” pungkasnya. (sai)