Ratusan Anak di Jambi Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

Dinas Sosial Provinsi Jambi mencatat ada sekitar 128 anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Ratusan anak itu berstatus yatim atau piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19.

Ratusan Anak di Jambi Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dinas Sosial Provinsi Jambi mencatat ada sekitar 128 anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Ratusan anak itu berstatus yatim atau piatu karena orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Data tersebut masih dimungkinkan akan bertambah lagi karena pendataan belum selesai dilakukan.

Sekretaris Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Jambi, Fadli mengatakan ada ratusan anak kehilangan orang tua karena meninggal akibat pandemi Covid-19. 

Fadli mengaku, akan memberikan bantuan kepada anak-anak yang ditinggal orangtuanya karena terpapar Covid-19. Hal itu sebagai bentuk kepedulian Pemprov Jambi demi menunjang kehidupan anak-anak tersebut. 

"ada 128 orang kehilangan orang tua kandung, baik itu ibu kandung anak meninggal maupun ayah kandung anak saja meninggal," katanya, Selasa 7 September 2021.

Berdasarkan data sementara ini, Fadli menuturkan bahwa data tersebut didapatkan se Kabupaten dan Kota di Jambi dengan tujuan tersebut, menindaklanjuti dari surat Kementrian Sosial agar anak yatim piatu dan piatu didata demi mendapatkan bantuan. 

"Jadi saat ini kita bersama Kabupaten dan Kota di Jambi terus mendata orang tua kandung anak meninggal dan ia bersama tim di lapangan terus memproses data di lapangan baik itu 
meng asesmen Kebenaran data, baik itu NIK dan juga alamat benar meninggal karena Covid-19," ungkapnya. 

Fadli berharap dari 128 anak tersebut, untuk selalu bersabar saat orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19 dan pihaknya turut mencatatkan data anak kehilangan orang tua kandung selalu terus bertambah angkanya dan Dinas sosial berjanji akan membantu kepada anak piatu dengan memberi uang senilai Rp. 300 ribu perbulannya. 

"Kalau data kita dapatkan itu tepat sepanjangan tahun 2021 karena diminta oleh Kementrian Sosial sedangkan ditahun 2020 tidak ada kita data karena tidak diminta oleh Kementrian Sosial," terangnya.

Sementara itu, data anak yang kehilangan orang tua kandung diantaranya Kabupaten Muaro Jambi 10 orang, Kota Jambi 37 orang , Sungai penuh 8 orang, Kerinci 5 orang batanghari 6 orang ,Tanjabbar 16 orang , Bungo 15 orang dan Sarolangun 12  orang. 

"Kita juga ada bagaian balai sosial khusus anak yang mengurus anak apalagi pandemi covid-19 ini termasuk termasuk kategori bencana dan tentu berdampak pada psikologi anak saat orang tua kandung meninggal dan itu akan diurus sebaik-baiknya sementara terkait sekolah anak tentunya ada kewenangan masing masing kabupaten dan kota di Provinsi Jambi," tukasnya. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi