Satu-satunya Kades Merangin yang Diundang Menteri Desa, Ini yang Disampaikan Kepala Desa Mudo

Kepala Desa Mudo, Umarela, menjadi satu-satunya Kepala Desa (Kades) di Merangin yang diundang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), A Halim Iskandar, beberapa waktu lalu.

Satu-satunya Kades Merangin yang Diundang Menteri Desa, Ini yang Disampaikan Kepala Desa Mudo
Kepala Desa Mudo Umarela (pakaian batik biru) saat dialog bersama Menteri Desa PDTT (ist)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN - Kepala Desa Mudo, Umarela, menjadi satu-satunya Kepala Desa (Kades) di Merangin yang diundang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), A Halim Iskandar, beberapa waktu lalu.

Undangan tersebut diterima salah satu Kades muda ini dalam rangka membahas perkembangan dana desa serta situasi Desa dalam menghadapi pandemik Covid-19.

Umarela yang dikonfirmasi media ini mengatakan, pertemuan ini dilakukan langsung di Kantor Kemendes PDTT di Jakarta, dan dalam pertemuan ini turut hadir Kadis PMD Provinsi Jambi, beberapa Kades Kabupaten lain, dan pihak lainnya.

Mendes PDTT A Halim Iskandar (ist)

Di dalam pertemuan tersebut, Menteri A Halim Iskandar menyampaikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program bantuan Pemerintah yang disalurkan melalui Dana Desa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di tengah Pandemik.

"Jadi memang pesan Pak Menteri, penyaluran BLT harus tepat sasaran, dan mengedepankan azas manfaat, bukan kepentingan, ini pesan yang bisa saya tangkap dalam pertemuan itu," ujarnya.

Selain itu, Umarela juga menyebutkan masa penyaluran BLT kemungkinan bertambah hingga akhir tahun nanti.

"Jadi sekarang kan ada tambahan 3 bulan lagi dengan nilai Rp 300 ribu, kemungkinan akan ditambah lagi waktunya, tetapi melihat kondisi yang ada, yang jelas bakal ada petunjuk untuk hal tersebut," katanya.

Foto Bersama Usai Dialog Bersama Menteri (ist)

Tidak hanya itu, Umarela juga mengatakan dialog bersama Menteri ini juga membahas tentang penyaluran Dana Desa tahap I yang disertai dengan sasaran penyaluran tersebut.

"Alhamdulillah selama dialog, banyak sekali bekal yang bisa kami bawa dan bisa kami sampaikan ke masyarakat, bahwa memang Pemerintah sangat mendukung seluruh program Desa yang azas manfaat bagi masyarakatnya sangat besar," pungkasnya.

Penulis: Rhizki Okfiandi