Tempuh 20 KM, Pawai Komunitas Sepeda Ontel Ikuti HUT Pasbar

Tempuh 20 KM, Pawai Komunitas Sepeda Ontel Ikuti HUT Pasbar

BRITO.ID, BERITA SIMPANG EMPAT -  Sebanyak 150 peserta yang tergabung dalam komunitas sepeda ontel melaksanakan pawai menempuh jarak 20 kilometer dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Minggu (6/1).

Komunitas sepeda ontel yang mengikuti pawai itu merupakan komunitas yang sudah ada dan begitu semangat mengayuh sepeda mereka dari daerah Sumber Agung Kinali menuju Kantor Bupati Pasaman Barat sejauh 20 kilometer.

Menurut Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto, komunitas sepeda ontel merupakan kekayaan budaya masyarakat Pasaman Barat yang ambil bagian dalam meramaikan hari jadi daerah itu. Dari kegiatan tersebut terlihat kekayaan budaya yang akan mengakar kepada persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita juga mengadakan festival kuda kepang. Beragam kegiatan kita laksanana . Tiga etnis yang ada, seperti Jawa, Mandailing dan Minang semuanya bersaudara dalam rangka suka cita demi Pasaman Barat lebih baik," katanya.

Salah seorang pecinta Komunitas Sepeda Ontel, Mas Andi mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Perjalanan yang ditempuh lebih dari 20 kilometer itu tidak terasa.

"Kalau dipikir capek juga, tetapi karena bersama-sama kami merasakan semangat membakar dada kami. Sekitar dua jam lebih kami di perjalanan akhirnya sampai juga di kantor bupati," ujarnya.

Sesampai di kantor bupati, rombongan sepeda ontel disambut oleh Wakil Bupati, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan panitia dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pasaman Barat.

"Peserta begitu semangat dan komunitas ini perlu dijaga dan dilestarikan," kata Ketua KONI Pasaman Barat, BM Satria Dwi Putra.

Pihaknya juga memberikan sejumlah hadiah kepada peserta sepeda ontel yang mengikuti sampai ke kantor bupati.

Setelah sampai di halaman kantor bupati, peserta juga mengikuti festival kuda kepang yang ada di derah itu.

Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT ke-15 Pasaman Barat yang jatuh pada Senin (7/1). Kegiatan lainnya juga diadakan seperti pentas seni tradisional, offroad Jelajah Bumi Kinali/trabas, hiburan, olahraga, festival kopi, tablig akbar, festival maapam, senam massal dan jalan santai antar nagari.

Juga mengadakan lomba nyanyi berpasangan kepala OPD, trabas, hiburan rakyat seperti randai, makan bajamba, gandang tambua, festival band lokal, lomba barista, lomba cita rasa, saluang dangdut dan talk show pemasaran kopi di bukalapak. (red)