Tinjau Ruang Isolasi RSUD Ahmad Ripin, Sekda Muarojambi: Harus Dilengkapi dan Difasilitasi dengan Baik

RSUD Ahmad Ripin Sengeti saat ini tengah mempersiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien dengan gejala virus Corona atau Covid-19. Setidaknya ada tiga ruang isolasi yang dipersiapkan yang bisa menampung enam pasien.

Tinjau Ruang Isolasi RSUD Ahmad Ripin, Sekda Muarojambi: Harus Dilengkapi dan Difasilitasi dengan Baik
Sekda Muarojambi Bersama Unsur Forkopimda saat Meninjau RSUD Ahmad Ripin (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - RSUD Ahmad Ripin Sengeti saat ini tengah mempersiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien dengan gejala virus Corona atau Covid-19. Setidaknya ada tiga ruang isolasi yang dipersiapkan yang bisa menampung enam pasien. 

"Tengah kota persiapkan Insha Allah Senin awal pekan depan sudah bisa dioperasikan," kata Dirut RSUD Ahmad Ripin Sengeti dr Ilham Rabu (15/5/20). 

Ruang isolasi ini, kata Dirut dipersiapkan untuk penanganan pasien dengan gejala Covid-19 sebelum dirujuk ke rumah sakit sundulan khusus Covid-19 di Jambi. Selain mempersiapkan ruang isolasi, RS Ahmad Ripin juga menyiagakan puluhan puluhan mulai dari tenaga medis hingga pengamanan.

"Setidaknya ada 74 petugas mulai dari dokter umum, dokter spesialis petugas Labor hingga satpam. Dan kita juga berencana meminta bantuan pengamanan dengan Polres Muarojambi," kata dia. 

Persiapan ruangan isolasi ini juga ditinjau langsung oleh Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief didampingi Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto, Dandim 0415 Batanghari kolonel inf J.Hadiyanto, Plt. Kadis Kesehatan Muarojambi Yes Isman SKM. Saat pengecekan tersebut, Sekda berharap agar fasilitas ruang Isolasi ini dapat dilengkapi lagi sehingga bisa digunakan secara maksimal selama Pandemi Covid-19 ini.

Menurut Sekda, meskipun RSUD Ahmad Rifin bukan rumah sakit rujukan dalam penanganan infeksi virus Corona, namun tetap perlu disiapkan juga ruang isolasi jika seandainya ada warga yang diduga terkena Corona. 

"Dan ruang isolasi harus dipersiapkan dengan baik, dilengkapi fasilitas pendukungnya agar pasien bisa ditangani dengan baik," harap Sekda.

Selain itu Sekda meminta Dinas Kesehatan Muarojambi untuk meningkatkan koordinasi dengan Puskesmas untuk mendeteksi dini penyakit Covid-19 di tengah masyarakat.

"Tentunya kita berharap ruangan ini tidak difungsikan dan tidak ada pasien terpapar Corona di Muarojambi. Dan semoga Covid-19 ini bisa segera berlalu," kata Sekda.

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi