Viral Rumah Tua Milik Mantan Bupati Gunungkidul, Begini Penampakannya

Foto rumah tua di Padukuhan Pati, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, jadi perbincangan di media sosial (medsos).

Viral Rumah Tua Milik Mantan Bupati Gunungkidul, Begini Penampakannya
Penampakan rumah tua milik mantan Bupati Gunungkidul (ist)

BRITO.ID, BERITA YOGYAKARTA - Foto rumah tua di Padukuhan Pati, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, jadi perbincangan di media sosial (medsos).

Rumah sudah tidak berpenghuni itu merupakan rumah Bupati Gunungkidul ke-18 Prawiro Suwignyo yang menjabat 1958-1959. Rumah yang berada di perkebunan pohon jati masih berdiri kokoh.

Memiliki banyak jendela di bagian depan rumah, dan sebagian besar terbuat dari kayu jati. Beberapa bagian sudah rusak termakan usia. Lokasi tergolong sepi tak ada penghuninya.

"Itu rumah eyang saya, dulu kepala daerah ke 18 Gunungkidul namanya Prawiro Suwignyo," kata salah satu cucu pemilik rumah, Martanty Soenar Dewi saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Rabu (23/9/2020).

"Dulu kepatihan (Kabupaten) tempat Bupati pertama, kalau rumahnya bukan. Memang (bupati pertama dan ke 18) masih trah," ucap Martanty.

Martanty sendiri mengaku tidak mengetahui kapan rumah itu dibangun, dia hanya memperkirakan sekitar tahun 1920 sampai 1925.

Sebenarnya ada rumah yang tersisa itu hanya bagian depan, untuk bagian belakang sudah roboh dimakan usia.

Rumah itu sudah kosong sejak 10 tahun lalu, saat itu penjaga rumah ikut keluarganya.  Dijelaskan Martanty, rumah itu ditinggalinya sejak bayi.

Namun, karena menurut adat Jawa, ketika anak lahir weton (hari kelahiran penanggalan jawa) sama dengan ibu kandungnya harus dipisah.

Martanty kemudian tinggal sampai lulus SMP tahun 1974. Saat itu dirinya dan neneknya ikut pindah ke Malang, Jawa Timur.

"Saat itu eyang putri masih wara wiri dan akhirnya tinggal di Malang. Terus ada yang jaga tapi akhirnya yang jaga ikut keluarganya dan mulai kosong 10 tahun yang lalu," ucap Martanty.

Dia menyebut rumah tersebut akan dipugar, pihak keluarga sudah berembug untuk pemugaran.

Nantinya saat dipugar akan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Kemungkinan rumah akan digunakan sebagai transit keluarga.

Foto viral rumah milik bupati pertama diunggah oleh akun Instagram @radargunungkidul lalu direpost oleh beberapa akun lainnya seperti @beritainaja dan @ceritagunungkidul mendapat respons ribuan warga net.

Sumber: Kompas.com
Editor: Ari