Viral Satpam Bertugas Gunakan Senjata Laras Panjang, Perampok Mikir!

Beredar di jagat media sosial video yang memperlihatkan seorang Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di salah satu Bank di Sulawesi berjaga sambil memegang senjata api laras panjang

Viral Satpam Bertugas Gunakan Senjata Laras Panjang, Perampok Mikir!
Satpam yang viral (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Beredar di jagat media sosial video yang memperlihatkan seorang Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di salah satu Bank di Sulawesi berjaga sambil memegang senjata api laras panjang

Dalam video yang berdurasi 11 detik itu diunggah akun @cetul22 bertuliskan ‘gagah sekali Satpam di salah satu bank di daerah Sulawesi. Penjahat juga mikir akan melalukan kejahatan. Mantap’.

Video tersebut memperlihatkan Satpam yang menggunakan pakaian dinas berwarna putih hitam nampak menggendong senjata api laras panjang saat berjaga di salah satu bank di Sulawesi.

Yang menarik perhatian, biasanya seorang Satpam saat bertugas menjaga keamanan hanya dibekali tongkat dan jarang sekali satpam memegang senjata api laras panjang. Hal ini pun terlihat gagah dan kemungkinan membuat gentar pelaku kejahatan.

Tak hanya itu, seragam Satpam pun nantinya bakal berubah dan menyerupai petugas Kepolisian. Perubahan seragam Satpam itu diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

"Ada perubahan warna seragam Satpam. Jadi terdapat lima jenis pakaian dinas anggota Satpam disertai pangkatnya," kata ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Nantinya akan ada lima jenis seragam satpam tersebut, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Sumber: Okezone
Editor: Ari